pelayanan publik

Dispar Makassar Sebut Dekranasda Punya Andil Besar Dalam Perkembangan Wisata Makassar

Kamis, 11 April 2019 08:00 WITA Reporter : Helmi
Dispar Makassar Sebut Dekranasda Punya Andil Besar Dalam Perkembangan Wisata Makassar

MAKASSARMETRO– Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar menggelar silaturahmi bersama pelaku industri wisata dan asosiasi profesi kepariwisataan se-Kota Makassar.

Kegiatan silaturahmi yang juga menghadirkan Dinas Pariwisata Makassar ini diselenggarakan di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar. Rabu sore (10/4/2019).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Kamelia Thamrin mengaku menyambut positif kegiatan ini. Menurutnya, sudah sepatutnya stakeholder kepariwisataan mempererat silaturahmi.

“Kepariwisataan itu bukan cuma dari pemerintah saja, andil pelaku usaha pariwisata juga cukup besar, seperti hotel dan rumah makan atau restoran. Begitu juga dengan Dekranasda, semua punya andil,” ungkap Kamelia Thamrin.

Dia menyebut, organisasi yang dipimpin Indira Jusuf Ismail tersebut memiliki peran yang besar dalam penyediaan hasil kerajinan atau handycraft yang turut mendukung pariwisata.

“Dalam Sabda Pesona Kemenpar, memang soal kerajinan khas daerah harus dikembangkan untuk mendukung pariwisata, misalnya souvenir khas daerah dan bentuk kerajinan tangan yang lain,” ujarnya.

Kamelia Thamrin melanjutkan bahwa Dekranasda Makassar aktif melakukan pembinaan kerajinan di masyarakat. Aksi Dekranasda juga mendukung pertumbuhan ekonomi warga.

“Banyak yang dibina oleh Dekranasda, kerajinan eceng gondok, hasilnya banyak dan menjadi andalan kita di Makassar. Begitu juga dengan kerajinan perak, ada emas juga. Terakhir itu tenun dengan motif dan corak lontara,” katanya.

Dia menyebut, sinergitas dan keakraban ini tetap terjalin, sebab menyuburkan iklim kepariwisataan di Makassar membutuhkan peran serta Dekranasda dan pelaku industri.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan Indonesia Hotel Grand Manager Association (IHGMA) pusat dan Makassar, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Persatuan Hotel Republik Indonesia
Asjata, Asosiasi Jasa Angkutan Wisata, dan pelaku industri wisata lainnya.

Topik berita Terkait:
  1. Dispar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca