pelayanan publik

Makassar Jadi Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional Tahun 2019

Selasa, 16 April 2019 13:16 WITA Reporter : Helmi
Makassar Jadi Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional Tahun 2019

MAKASSARMETRO– Kota Makassar dipercaya menjadi tuan rumah Hari Kearsipan Nasional (HKN) pada tahun 2019 ini. Rencananya peringatan HKN akan berpusat di Hotel The Rinra, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, pada tanggal 25 hingga 27 April 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Sulsel, Moh. Hasan usai menggelar pertemuan dengan Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, Selasa (16/4/2019).

“Hasil rapat Arsip Nasional Republik Indonesia menunjuk Kota Makassar sebagai tuan rumah HKN 2019, sebenarnya Jawa Barat mau ambil. Tapi keputusan rapat mengharuskan di Makassar,” ungkap Moh. Hasan.

Moh. Hasan menyebut, Kota Makassar menjadi inspirasi bagi ANRI dalam pengelolaan arsip serta upaya pembinaan yang sejalan semangat gerakan nasional sadar dan tertib arsip.

“Pertimbangannya, mereka menyebut Makassar sebagai inspirasi dalam pengelolaan arsip. Di mana Walikota Makassar, Pak Danny menaruh perhatian besar terhadap arsip,” kata Moh. Hasan.

Prestasi besar yang diraih, kata Moh. Hasan, yakni pemanfaatan arsip dalam upaya penyelamatan aset pemerintah daerah.

“Tadi Pak Wali bilang kalau, arsip yang ada digunakan untuk mencari dan menyelamatkan aset Pemerintah Kota Makassar. Ini mindset yang sangat tepat mengenai pemanfaatan arsip untuk kepentingan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengaku menyambut baik amanah dari ANRI ini. Dia menyatakan kesiapannya menyambut sekitar 1.100 tamu dari seluruh Indonesia.

Namun, bukan Danny Pomanto jika tak ada hal yang luar biasa. Dia mengusulkan sebuah deklarasi gerakan nasional dalam dunia kearsipan.

“Paradigma kita mengenai arsip harus diubah, arsip bukanlah kertas buangan melainkan sebuah otentifikasi peristiwa, penangkal hoax, penataan arsip itu penting dalam kehidupan. Maka dari itu saya mau ada semacam deklarasi kebangkitan kearsipan nasional sebagai komitmen bersama untuk ubah paradigma lama tadi,” pungkasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Kearsipan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca