Makassar Disebut Masuk Zona Rawan Bencana

Jumat, 03 Mei 2019 15:55 WITA Reporter : Makassarmetro
Makassar Disebut Masuk Zona Rawan Bencana

MAKASSARMETRO – Berdasarkan informasi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kota Makassar masuk kedalam salah satu wilayah rawan bencana yang ada di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD kota Makassar, Taufiek Rachman, saat ditemui di ruang rapat BPBD Makassar, jalan Kerung-kerung, kota Makassar.

“Makassar merupakan salah satu daerah rawan bencana, penyelenggaraan penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pelibatan semua sektor,” ujarnya.

Dengan begitu, pihak BPBD menggelar Pelatihan Penilaian Kerusakan dan Kerugian Pasca Bencana atau Demage and Loses Assessment (DaLA).

“Selain litigasi bencana, BPBD dituntut mengkoordinasikan dan mengelola bantuan jika terjadi bencana. Selain itu, diperlukan pemahaman dan keahlian dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana,” lanjut Taufiek.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, Maharuddin, menerangkan jika pelatihan DaLA tersebut merupakan upaya pengkajian pasca bencana, khususnya dalam menghitung jumlah kerugian yang diakibatkan bencana tersebut.

“Kemampuan personil BPBD sebagai assesor diperlukan dalam penggalian informasi dan data untuk menghitung kerusakan serta kerugian pasca bencana,” bebernya.

Pelatihan yang berlangsung sejak hari Kamis hingga Jumat (2-3/5/2019) diharapkan mampu meningkatkan ketangkasan personil dalam melakukan penghitungan kerugian pasca bencana.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca