somberena parlementa

Hampir 50 Persen Lulusan SD di Makassar Harus Masuk di SMP Swasta

Jumat, 14 Juni 2019 02:36 WITA Reporter : Helmy
Hampir 50 Persen Lulusan SD di Makassar Harus Masuk di SMP Swasta

MAKASSARMETRO – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2019/2020 tengah dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar.

Berdasarkan jadwal yang tertuang dalam Petunjuk Teknis PPDB, pendaftaran bakal diselenggarakan mulai tanggal 24 hingga 30 Juni 2019 mendatang.

Kepala Disdik Makassar, Abdul Rahman Bando menyebut hampir setengah lulusan Sekolah Dasar yang ada di Makassar harus melanjutkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta.

Daya tampung SMP Negeri yang terbatas, sehingga pihaknya harus memberikan batasan kuota penerimaan peserta didik baru di setiap sekolah.

“Kuota untuk SMP Negeri terbatas, estimasi sekitar 13.500 siswa. Jadi hampir 50 persen lulusan SD kita terpaksa masuk di swasta,” ungkap Abdul Rahman Bando.

Dia menyebut, jumlah lulusan SD tahun ini mencapai 25.422 siswa. Tidak sebanding dengan jumlah SMP Negeri yang ada di Makassar.

Diketahui, jumlah SMP Negeri yang ada di Makassar berjumlah 55 sekolah. Jumlah ini sudah termasuk 10 SMP baru dibentuk dari hasil regrouping.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca