somberena parlementa

Dana Kelurahan 2019 Rp 55 Miliar, Inspektorat Bakal Pantau dari Hulu ke Hilir

Selasa, 18 Juni 2019 17:12 WITA Reporter : Helmy
Dana Kelurahan 2019 Rp 55 Miliar, Inspektorat Bakal Pantau dari Hulu ke Hilir

MAKASSARMETRO – Inspektorat Daerah Kota Makassar menegaskan tetap akan pantau penggunaan dana kelurahan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga tahap penyusunan laporan pertanggungjawaban.

Hal ini disampaikan Kepala Inspektorat Makassar, Zainal Ibrahim usai memimpin rapat pembahasan dana kelurahan bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat se-Kota Makassar serta camat dan lurah, Selasa (18/6/2019).

“Kami akan pantau ini penggunaan dana kelurahan, bukan mengintervensi tapi memantau. Inspektorat tidak punya wewenang mencampuri di perencanaan. Tapi agar semua tepat sasaran kita akan lihat ini prosesnya, kita pantau,” kata Zainal Ibrahim.

Dia menyebut, dalam dana kelurahan nanti, lurah bertindak sebagai Pengguna Anggaran (PA). Melihat ada transisi dari Kuasa Penggunaa Angaran ke PA, maka dia merasa perlu untuk mengawasi.

“Tugas kami sebenarnya itu di hilir, bukan di hulu seperti tahap perencanaan. Tapi tidak ada salah salahnya kalau kami pantau alirannya dari hulu ke hilir, kita bisa lihat progresnya,” ungkap Zainal Ibrahim.

Selain itu, kata Zainal, hal ini juga perlu untuk meminimalisir potensi kesalahan administrasi dalam penggunaaan dana kelurahan di masa depan yang bisa saja timbul.

Dia menyebut, lurah juga akan menerima bimbingan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang difasilitasi Bagian Layanan dan Jasa Pemkot Makassar.

Berdasarkan informasi yang diterima dana kelurahan untuk Kota Makassar pada tahun ini sebesar Rp 55 miliar. Di mana sebagian besar ditujukan dalam pembangunan wilayah kelurahan.

Topik berita Terkait:
  1. Dana Kelurahan
  2. Inspektorat Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca