somberena parlementa

Longset Dinkes Makassar, Edukasi Kesehatan Bagi Warga Buloa

Jumat, 05 Juli 2019 22:51 WITA Reporter : Helmy
Longset Dinkes Makassar, Edukasi Kesehatan Bagi Warga Buloa

MAKASSARMETRO– Dinas Kesehatan Kota Makassar, patut diacungi jempol setelah Lorong Sehat (Longset) mendapat penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB. Dinkes Makassar kembali merintis Lorong Sehat atau biasa disebut Longset.

Lokasinya di Jln. sultan Abdullah Raya, Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Longset ini merupakan binaan Puskesmas Rappokaling, Dinas Kesehatan Kota Makassar dan merupakan bagian dari kelurahan terpadu di Kelurahan Buloa.

Dengan adanya Longset ini diharapkan dapat mengudukasi warga di wilayah tersebut untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kelurahan Buloa.

Mengapa tidak, pasalnya Longset sepanjang 200 meter telah disulap layaknya lorong yang indah dan bersih.

Alasan dinamakan lorong sehat, oleh karena lorong tersebut dilakukan pendataan dari rumah ke rumah tentang 12 indikator keluarga sehat. Serta berbagai upaya pembinaan dan pelayanan kesehatan, seperti pemantauan kesehatan bayi, balita, bumil, lansia melalui posyandu, Klpk kadarsi, deteksi dini penyakit tidak menular di Posbindu, Pembinaan Batra (Pengobatan Tradisional), pojok upaya berhenti merokok (UBM) serta sarana pelayanan lesehatan di Pustu.

Dengan begitu, lorong tersebut menjadi lorong dengan sejuta fasilitas dan layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Tak heran jika masyarakat memberi apresiasi yang luar biasa bagi Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut, longset ini juga bahkan disulap dengan memberi informasi kesehatan masyarakat bagi warga. Bahkan setiap rumah telah memiliki informasi kesehatan tepat berada di rumahnya.

“Kita liat sendiri dek, lengkap di sini berwarna warni juga biar lebih kelihatan bagus tampilanya dan pengumuman informasi kesehatan juga terlihat jelas,” imbuhnya.

Kreatifnya, Dinkes Makassar juga menyulap lonset miliknya menjadi lorong yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto bersama.

Pasalnya, lorong warna warni dengan payung yang berwarna menghiasi langit lorong di Kelurahan Buloa.

Topik berita Terkait:
  1. Dinkes Makassar
  2. Longset
Berikan Komentar
Komentar Pembaca