somberena parlementa

Makassar jadi Pilot Project P2SH Kemenkes-Kemendagri

Senin, 08 Juli 2019 08:12 WITA Reporter :
Makassar jadi Pilot Project P2SH Kemenkes-Kemendagri

MAKASSARMETRO – Kota Makassar dipercaya sebagai pilot project Pencatatan Sipil Statistik Hayati (P2SH). Program ini merupakan kolaborasi Kementerian Kesehatan dan Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, program ini untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi penguatan data kelahiran, kematian dan penyebab kematian.

“Ini bisa diintegrasikan dengan DHIS (District Health Information System, red) yang sudah kita terapkan. Jadi data yang masuk menjadi bahan analisis kita untuk mengambil tindakan kesehatan,” ungkap Naisyah Tun Azikin.

Selain itu, lanjut dia, program ini juga sejalan dengan implementasi aplikasi administrasi kependudukan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Makassar.

Kepala Disdukcapil Makassar, Aryati Puspasari Abady menyampaikan, Makassar sangat siap untuk menjalankan sistem informasi ini. Pasalnya, dalam baik DHIS Kemenkes dan persoalan administrasi kependudukan telah terintegrasi melalui di War Room, sistem Smart City Makassar.

“Data kependudukan kita secara real time terpantau di War Room, begitu juga dengan sistem dari Dinkes. Jadi bisa dibilang sudah tepat jika Makassar ditunjuk sebagai pilot project,” ujarnya.

Selain Makassar, terdapat dua daerah lain yang dipercaya sebagai pilot project pengembangan sistem ini. Seperti Kota Padang Pariaman dan Kabupaten Kudis.

Topik berita Terkait:
  1. Disdukcapil Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca