Kadinkes Makassar Beberkan Penyebab Masalah Kesehatan Warga

Jumat, 06 September 2019 15:47 WITA Reporter : Helmy
Kadinkes Makassar Beberkan Penyebab Masalah Kesehatan Warga

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar telah meluncurkan program kesehatan yaitu Lorong Sehat (Longset).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, mengatakan program tersebut berperan besar dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada warga.

“Masalah kesehatan sedikit banyaknya disebabkan oleh kebiasaan, kebiasaan ini dibentuk dari perilaku. Inilah yang kita terus gencarkan ke masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat melalui Longset, jadi harus tetap dijaga,” kata Naisyah Tun Azikin saat membuka Sosialisasi Longset di Hotel Lynt, Jalan Hertasning, Makassar, Jumat (6/9/2019).

Ia menjelaskan, penyebab penyakit yang mematikan di Indonesia ialah penyakit tidak menular. Seperti paru-paru, jantung dan stroke. Penyebabnya adalah kebiasaan yang tidak sehat.

“Sekarang ini justru penyakit tidak menular yang lebih berbahaya. Di Longset ada 12 indikator PHBS. Salah satunya tidak boleh merokok, paparan asap rokok itu menimbulkan penyakit yang mematikan. Dan lebih berbahaya terhadap perokok pasif,” paparnya.

Kelompok rentan penyakit seperti perokok pasif, kata Naisyah, didominasi anak-anak dan ibu-ibu. Secara presentasi, perokok aktif memiliki risiko penyakit lebih kecil.

Longset merupakan program yang promotif preventif. Di mana Pemerintah Kota Makassar melalui Dinkes mensosialisasikan, membina dan sekaligus mencegah terjadinya penyakit.

“Itu baru satu indikator, belum lagi sebelas yang lainnya, seperti persoalan cuci tangan atau pun kebersihan lingkungan. Hal ini lah yang harus kita perhatikan. Karena tugas kita untuk membina dan mencegah penyakit, dimulai dari hal kecil dan sederhana, yakni PHBS di Longset,” tutupnya.

Topik berita Terkait:
  1. Dinkes Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca