somberena parlementa

Asap Selimuti TPA Tamangapa, Ini Aksi Cepat Dinkes Makassar

Senin, 16 September 2019 13:39 WITA Reporter : Makassarmetro
Asap Selimuti TPA Tamangapa, Ini Aksi Cepat Dinkes Makassar

MAKASSARMETRO – Dinas Kesehatan Kota Makassar gerak cepat membagikan ribuan masker kepada warga yang bermukim di sekitar TPA Tamangapa Raya, Kecamatan Manggala.

Diketahui, sejak Ahad kemarin (15/9/2019), TPA Tamangapa Raya Kecamatan Manggala dilanda kebakaran yang mengakibatkan kawasan sekitar disesaki asap.

“Tadi malam kita bagikan 2.000 masker, kemudian tadi ada 1000 masker untuk anak-anak sekolah,” kata Kepala Dinkes Makassar, Andi Naisyah Tun Azikin, Senin (16/9/2019).

Langkah ini diambil guna meminimalisir dampak yang diakibatkan asap dari sampah yang terbakar. Sejumlah penyakit berpotensi timbul, di antaranya gangguan pernafasan dan ISPA.

Selain itu, kandungan gas metan yang ada di sampah juga berpotensi menyebabkan penyakit yang berbahaya. Belum lagi sampah-sampah yang terbakar bisa saja tercampur zat beracun lainnya.

” Kita juga membuka posko kesehatan. Ada puskesmas pembantu di sana, ini untuk mengantisipasi jika ada masyarakat yang melapor,” kata dia.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dia menghimbau kepada warga agar tidak beraktifitas di sekitar lokasi kebakaran. Bahkan dia menganjurkan untuk evakuasi sementara, utamanya untuk kelompok rentan, seperti anak-anak, lansia, ibu hamil dan bayi.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca