somberena parlementa

Dinkes Makassar: Lakukan Ini Jika Batuk dan Sesak Akibat Asap

Selasa, 17 September 2019 15:44 WITA Reporter : Helmy
Dinkes Makassar: Lakukan Ini Jika Batuk dan Sesak Akibat Asap

MAKASSARMETRO – Warga yang berada di lokasi terdampak asap kebakaran TPA Tamangapa Raya, Kecamatan Manggala dihimbai lebih waspada memantau kondisi kesehatan keluarganya.

Pasalnya, asap yang timbul akibat kebakaran TPA Tamangapa Raya berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit, seperti gangguan pernapasan bahkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Jadi kalau ada warga yang batuk-batuk atau alami sesak nafas segera ke Posko Kesehatan yang sudah kami siapkan, jangan menunggu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naisyah Tun Azikin, Selasa (17/9/2019).

Semua tenaga kesehatan Puskesmas yang berada di wilayah Manggala, seperti Puskesmas Antang Perumnas, Bangkala, Antang, dan Tamangapa disiagakan.

“Petugas kami siaga dari puskesmas yang ada di sana, kalau mengalami gangguan segera ke posko supaya diperiksa dan ditangani segera,” ujarnya.

Pihaknya juga menyiapkan obat hingga alat bantu pernapasan untuk kondisi yang dinilai parah. Tercatat sudah 34 orang yang sudah ditangani oleh Dinkes Makassar.

“Ada obat kita siapkan, tabung oksigen juga,” kata dia.

Dia juga mengimbau agar masker yang telah dibagikan oleh Pemerintah Kota Makassar digunakan jika beraktivitas, utamanya di luar rumah, sebagai bentuk pencegahan.

“Harus dipakai maskernya. Semua jenis asap, bukan hanya dari sampah terbakar, kalau berlebih di paru-paru bisa menimbulkan batuk dan sesak, paling rentan terkontaminasi itu penderita asma,” tutupnya.

Topik berita Terkait:
  1. Dinkes Makassar
  2. Kesehatan
  3. TPA Tamangapa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca