somberena parlementa

Expo Pemuda Mandiri Motivasi Pemuda Berwirausaha

Jumat, 25 Oktober 2019 21:49 WITA Reporter : Haider
Expo Pemuda Mandiri Motivasi Pemuda Berwirausaha

MAKASSARMETRO – Dinas Pemudah dan Olahraga (Dispora) Makassar menggelar kegiatan Expo Pemuda Mandiri. Menariknya, rangkaian agenda untuk memperingat Sumpah Pemuda, Expo Pemuda Mandiri dihadiri comedian papan atas sekaligus wirausahawan muda, Ernest Prakasa, Jumat (25/10/2019).

ada kesempatan tersebut, Erbest mengatakan bisa eksis berwirausaha khususnya di bidang industri kreatif tidak memerlukan modal besar, tapi harus padat ide.

“Nah kalau saya ide itu lahir dari kegelisahan saya, yang semasa kecil saya suka dibully sama teman-teman karena mata sipit. Tapi dengan menjadikan hal itu sebagai bahan stand up comedy rupanya membantu meredakan kegelisahan itu,” kata Ernest di hadapan ratusan peserta.

Untuk bisa menyalurkan karya, lanjut Ernest, bisa melalui media apapun. Apalagi saat ini media sosial sudah terbuka lebar dan mewadahi para kreator sesuai dengan bidang masing-masing.

“Contohnya bagi yang senang menulis baik cerpen ataupun novel ada wattpad. Suka bikin komik ada webtoon dan bisa di share di IG dan FB juga. Kalau bikin video ada IG, kalau mau durasi panjang di Youtube. Jadi semua bisa,” sebutnya.

Comedian ini juga memberi masukan, dalam mencari rekan untuk menciptakan suatu usaha sebaiknya maggandeng orang yang bisa dipercaya dan memiliki visi dan misi yang sejalan.

“Harus cari teman yang kalian percayai, karena kalau kerjasama tanpa percaya dan akhirnya debat jatuhnya ego. Jadi kepercayaan lebih penting daripada skill, dan pastikan tujuannya sama. Jangan misal sama-sama mau bikin Youtube tapi yang satu konten kuliner yang satu prank. Itu nggak bisa,” bebernya.

Tips lainnya yang diberikan Ernest adalah para pemuda wirausahawan pemula harus mampu menerima kritikan sebagai obat untuk menciptakan karya yang lebih baik, membangun brand image yang konsisten serta menyertakan passion sebagai motivasi untuk sukses.

“Jadi kritik itu kaya jamu, pahit tapi berkhasiat. Passion juga sangat penting, apapun bidangnya, karena itu membuat kita bersemangat untuk mengerjakan apapun,” katanya.

Motivasi Berwirausaha dari Komika Ernest Prakasa

Ernest Prakasa pelawak tunggal memeriahkan penyelengaraan Expo Pemuda 2019 di Mal Mari Makassar. Ernest tampil memberi semangat dan berwirausaha melalui konten kreatif.

“Intinya adalah kami ingin mengundang komika itu tadi yang saya sampaikan bahwa kami ingin menunjukkan bahwa berwirausaha itu tidak perlu bahan baku yang rumit itu banyak atau perlu modal yang besar. ya kan tapi Ernest ini lahir dari kegelisahan lingkungan sosialnya kemudian menjadi komika kemudian itu yang disampaikan menjadi penulis buku kemudian menjadi sutradara kemudian menjadi bintang film itu kan jadi apa yang menjadi kegelisahan di kepala itu pun juga bisa dijadikan bahan untuk berwirausaha,” kata Kadispora Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin, Jumat (25/10/2019).

Hendra menjelaskan jika untuk menjadi seorang wirausaha tidak perlu memiliki modal besar, tapi ide besar bisa melahirkan kesuksesan besar.

Olehnya itu anak-anak muda sekarang bisa berwirausaha dengan modal ide kreatif dan kemauan.

“Jadi semudah itu, ingin transfer semangatnya anak muda Makassar bahwa kreatif itu tidak perlu modal besar, tapi ide yang besar seperti itu. Kita ingin sampaikan ke anak muda Makassar makanya kita panggil komika makanya di next time kita masih undang komika karena itu yang paling menyentuh dengan anak muda sekarang, kan pada usaha-usaha yang biasa pengusaha kuliner lah itu kami undang yang yang memang ringan diterima oleh anak muda,” jelasnya.

Lebih lanjut, Expo Pemuda 2019 ini juga diperinganti sebagai momentum sumpah pemuda yang tak membeda beda suku dan agama apapun. Iapun menyebut jika semua satu demi Indonesia maju.

“Tapi kita lahir dari keberagaman kemajemukan dan lahir dari tangan-tangan anak muda yang majemuk itu, justru itu di hari sumpah pemuda ini kita sesuaikan dengan tema yang ada pada tahun ini, mari kita bersatu untuk maju kalau kita terpisah-pisah, makanya kami panggil juga tadi tokoh pemuda kreatif itu kan yang sebenarnya bisa dianggap berbeda, saya ingin menunjukkan bahwa mereka juga, dia juga orang Indonesia yang kreatif dan patut dicontoh bersatu kita maju,” terangnya.

Expo Pemuda 2019 ini digelar ke 4 kalinya dengan menghadirkan 30 stand kuliner, fashion hingga industri kreatif pengusaha muda.

Topik berita Terkait:
  1. Dispora Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca