somberena parlementa

Kebanyakan Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Senin, 04 November 2019 08:52 WITA Reporter : Makassarmetro
Kebanyakan Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

MAKASSARMETRO – Pola tidru yang tidak benar dapat membahayakan kesehatan bagi seseorang. Tak hanya kurang tidur, kebanyak tidur malah membuat orang akan mengalami gangguan kesehatan.

Dilansir dari Bobo.id, ada 5 dampak buruk karena kebanyakan tidur.

Sakit kepala

Sakit kepala bisa saja disebabkan karena tidur terlalu lama. Tidur terlalu lama dapat memengaruhi kandungan neurotransmitter dalam otak.

Neurotransmitter adalah pembawa sinyal antara sel saraf. Kerja neurotransmitter dapat terganggu karena terlalu lama tidur dan menyebabkan sakit kepala.

Konsentrasi menurun

Ketika kita tidur terlalu lama berarti aktivitas otak berkurang dibandingkan saat kita bangun. Ada sel-sel otak yang menjadi tidak aktif dalam waktu lama.

Saat kita bangun, sel-sel tersebut akan dipaksa kembali aktif. Hal ini akan membuat kita menjadi bingung dan sulit berkonsentrasi. Salah satu cara mengembalikan konsentrasi adalah dengan banyak minum air.

Membahayakan jantung

Tidur terlalu lama juga mengakibatkan angina pectoris. Angina pectoris adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke jantung.

Terlalu lama tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen sehingga menganggu aliran darah.

Cepat lupa

Saat tidur, otak tidak berpikir. Sedangkan manusia memerlukan aktivitas berpikir untuk mengasah otaknya. Jika terlalu lama tidur dan tidak berpikir, otak akan mengalami fungsi dan menua lebih cepat. Akibatnya, daya ingat juga akan menurun alias menjadi pikun.

Sakit Punggung

Punggung akan sedikit atau bahkan tidak bergerak sama sekali saat kita tidur. Punggung jugalah yang kita gunakan untuk bertumpu saat tidur. Hal ini bisa menyebabkan sakit pada punggung karena kurang bergerak.

Kurang tidur memang tidak baik untuk kesehatan. Tapi ingat juga ya kalau terlalu lama tidur juga tidak baik bagi tubuh. Jadi, yang paling baik adalah tidur cukup. Tidak kurang dan tidak lebih.

Walau tidur bagian dari istirahat, namun waktuu tidur perlu diperhatikan. Tidak boleh kurang juga tidak boleh tidur berlebihan.

Topik berita Terkait:
  1. Kesehtan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca