somberena parlementa

Pelaku Startup dan Investor ‘Kencan Kilat’ di Bali

Sabtu, 16 November 2019 15:03 WITA Reporter : Makassarmetro
Pelaku Startup dan Investor ‘Kencan Kilat’ di Bali

BALI – Yayasan independen Nexticorn dalam gelaran Nexticorn International Summit 2019 melakukan terobosan baru dalam mempertemukan perusahaan investasi atau biasa dikenal modal ventura (venture capital/VC) dengan perusahaan rintisan (startup).

Metode ‘Kencan Kilat’ atau biasa disebut dengan speed dating dimanfaatkan para pemuda dan pemudi untuk menyampaikan ide, visi, dan misi keduanya.

Perjodohan dilakukan bukan untuk menyatukan dua pribadi ke jenjang pernikahan, melainkan dua perusahaan yang mereka wakili untuk menjalin kerja sama sebagai pemberi dana dan penerima dana.

Chairman NextICorn Daniel Tumiwa berambisi merealisasikan minimal 1.500 pertemuan antara 103 startup dan 169 investor yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut. Hal itu akan lebih meningkatkan potensi terjadi kesepakatan bisnis.

Sederet investor yang hadir di antaranya, Sequoia Capital, Vertex, Temasek, Alpha JWC Ventures, EV Growth, Kejora Ventures, SBI Investments, BRI Ventures dan Salim Group. Sementara itu, beberapa startup yang mengikuti acara antara lain, Logisly, PrivyID, Kata.ai, KoinWorks, Snapcart, dan Kulina.

Daniel mengungkapkan acara ini layaknya bursa speed dating yang memamerkan material masing-masing dan berharap mengalami kecocokan satu sama lain.

“Dalam event ini, semua mencari chemistry. Setelah pertemuan siang ini, biasanya nanti malam di-follow up lanjut ngobrol. Bercandanya mereka digodain, bakal deal nih ya,” tutur Daniel dikutip CNN Indonesia.

“Setiap investor punya appetite dan tingkat kesabaran yang berbeda. Mereka akan unjuk karakter pendanaan. Bukan cuma startup yang akan pitching, investor juga menawarkan diri untuk dipilih,” ujarnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca