somberena parlementa

Kembangkan Sentuh Pustaka, SD Paccerakkang Punya Paket Duta Baca dan bunda Baca

Selasa, 04 Februari 2020 19:55 WITA Reporter : Musthain
Kembangkan Sentuh Pustaka, SD Paccerakkang Punya Paket Duta Baca dan bunda Baca

MAKASSARMETRO – Dinas Perpustakaan Kota Makassar menjalankan program Sentuh Pustaka di SD Inpres Paccerakkang. Informasi ini berdasarkan rilis yang diterima makassarmetro.com, Selasa (4/2/2020).

“SD Inpres Paccerakkang adalah salah satu sekolah yang menerima program pendampingan Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” tulis Humas Dispustaka Makassar, Tulus Wulan Juni.

Program Sentuh Pustaka ini bertujuan untuk menggalakkan kegiatan literasi di sekolah dasar.

“Setelah Sentuh Pustaka rata-rata Perpustakaan Sekolah mulai menggalakkan kegiatan literasi dan berbagai program kegiatan kegemaran membaca dan perluasan layanan perpustakaan” tambahnya

Beberapa kegiatan literasi di antaranya, yaitu membentuk Duta Baca Pelajar, Pustakawan Cilik, Sudut Baca Kelas, Teras Baca dan lainnya.

“Khusus Duta Baca Pelajar adalah program yang juga dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Makassar untuk tingkat Kota sehingga sejak dini, sekolah dapat mempersiapkan Duta Baca untuk ajang Duta Baca tingkat Kota Makassar.” ujarnya.

Sekolah binaan Dispustaka Makassar diberi ruang untuk mengembangkan inovasi demi mewujudkan kegemaran membaca. Di SD Paccerakkang, misalnya, telah mengukuhkan Duta Baca dan Bunda Baca sekolah, Senin kemarin.

“Duta Baca dan Bunda Baca yang masing-masing berjumlah 12 orang dikukuhkan dan menerima SK langsung dari Kepala Sekolah, Muhammad Yunus Sanusi, Senin (03/02).” jelasnya

Menurut Kepala Perpustakaan SD Paccerakkang, Melati, para Duta Baca ini juga merangkap Pustakawan Cilik. Mereka terpilih berdasarkan prestasi.

“Mereka memiliki tugas mempromosikan gerakan literasi di sekolah dan luar sekolah, membantu meningkatkan program kerja Perpustakaan” jelas Melati.

Sedangkan Bunda Baca bertugas untuk membantu program-program Perpustakaan yang ramah anak melalui pendekatan khusus juga akan membuat Hasta Karya berupa handycraft atau Kerajinan Tangan bersama orang tua siswa di ruang Perpustakaan.

Selain itu, Bunda Baca juga bertugas memfasilitasi teras baca sebagai ruang baca outdoor untuk membentuk iklim budaya baca seluas-luasnya di lingkungan sekolah.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca