somberena parlementa

Kabar Gembira, 50 Persen Dana BOS untuk Guru Honorer

Senin, 10 Februari 2020 20:08 WITA Reporter : Makassarmetro
Kabar Gembira, 50 Persen Dana BOS untuk Guru Honorer

JAKARTA – Ini kabar gembira bagi guru honorer di Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, menaikkan batas maksimal upah guru honorer dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga 50 persen. Sebelumnya batas maksimal hanya 15 persen.

“Restriksi kita sederhanakan. Ini langkah utama Kemdikbud membantu menyejahterakan guru honorer yang layak mendapatkan upah lebih layak,” ujar Nadiem di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Menurut Nadiem, kebijakan tersebut atas keluhan terkait upah guru honorer yang tidak layak. Selain untuk guru honorer batas maksimal tersebut juga bisa digunakan untuk upah pegawai di institusi pendidikan lainnya, seperti tenaga tata usaha (TU) atau operator administatif.

Batas 50 persen tersebut, lanjut Nadiem, tak wajib dibelanjakan semuanya untuk tenaga honorer. Bergantung jumlah guru honorer di sekolah tersebut.

Sedangkan aturan mengenai batas maksimal penggunaan dana BOS sebanyak 20 persen untuk peralatan sekolah, dicabut. Nadiem memberi kebebasan kepada sekolah untuk mengaturnya. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca