Menteri Pendidikan: Daerah Tanpa Internet Bisa Sekolah Tatap Muka

Sabtu, 13 Februari 2021 14:35 WITA Reporter : Makassarmetro
Menteri Pendidikan: Daerah Tanpa Internet Bisa Sekolah Tatap Muka Nadiem Makarim. (Foto: Reuters)

MAKASSARMETRO – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, menyampaikan bahwa daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan internet bisa melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Hal itu diujarkan Nadiem saat kunjungan kerjanya di Kepulauan Sorong, Papua Barat, Jumat (12/2/2021). Daerah dengan tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) bisa dapat membuka sekolah, tetapi tetap melalui protokol kesehatan COVID-19.

“Kemendikbud mendorong agar sekolah di Papua Barat, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar yang sulit bahkan tidak ada jaringan internet dapat melakukan belajar tatap muka,” kata Nadiem dikutip dari Antara, Sabtu (13/2/2021).

Nadiem mengatakan, belajar tatap muka bagi daerah yang tidak ada jaringan internet dilakukan agar anak-anak tidak ketinggalan pelajaran.

“Belajar tatap muka juga mesti dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19,” ucapnya.

Nadiem juga mengatakan, hal ini juga kembali kepada keputusan pemerintah daerah, kepala sekolah, dan komite sekolah. Itu karena kewenangan diberikan kepada daerah untuk memutuskan sesuai kondisi daerah itu.

Menurutnya, Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri yang dikeluarkan pemerintah, untuk memastikan bahwa di tiap daerah dapat memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Kementerian Pendidikan
  2. Nadiem Makarim
Berikan Komentar
Komentar Pembaca