Warga Kapasa Raya Keluhkan Limbah Asap Pabrik

Selasa, 11 Februari 2020 13:24 WITA Reporter : Makassarmetro
Warga Kapasa Raya Keluhkan Limbah Asap Pabrik

MAKASSARMETRO– Warga Kelurahan Kapasa Raya mengeluhkan bau tidak sedap dari sebuah pabrik pengolahan makanan hasil laut yang berada di Kawasan Industri Makassar (KIMA), Kelurahan Daya.

Lurah Kapasa Raya, Abu Bakar menyebut sedikitnya ada dua RW di wilayahnya yang terdampak asap dari cerobong pabrik yang terletak di perbatasan Kelurahan Kapasa Raya dengan Kelurahan Daya, Kecamatan Tamalanrea.

“Kita menerima kunjungan dari Polrestabes Kota Makassar terkait laporan/pengaduan warga tentang pencemaran limbah. Limbah cair tapi baunya, asap. Pabrik ini ada di perbatasan, ada di Daya, tapi asapnya lari ke pemukiman warga,” kata Abu Bakar saat dihubungi Senin (10/2/2020).

Dia menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Lurah Daya terkait kondisi ini. Lanjut Abu Bakar, aduan akan diteruskan ke Camat Tamalanrea untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Saya sudah koordinasi dengan Bu Lurah (Daya), kita akan teruskan, kita akan bersurat, ke pak camat soal ini,” ujarnya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar menegaskan pernah melakukan peneguran pada tahun 2018 lalu. Aduannya pun sama, yakni bau tak sedap dari limbah asap.

“Pernah masuk aduan terkait limbah asap dari cerobongnya, itu tahun 2018. Kami verifikasi, diperkuat bukti foto dan video, yah kita tegur. Bentuk tegurannya, kami arahkan untuk meninggikan cerobongnya. Dan sudah diindahkan pihak perusahaan dan sudah ditinggikan cerobongnya ,” kata Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan, Veronica, Selasa (11/2/2020).

Terkait limbah cair, Veronica menegaskan belum pernah ada aduan maupun teguran. Pasalnya pabrik di kawasan industri telah terintegrasi di Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) KIMA.

“Kalau limbah cair tidak ada, kan di sana ada IPAL nya. Hanya itu saja asap hitam yang dari cerobong. Terkait kejadian yang baru ini kami belum menerima aduan resmi,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca