Ini Surat Edaran Menag: Salat Tarawih di Rumah, Tiadakan Salat Id

Senin, 06 April 2020 18:54 WITA Reporter : Makassarmetro
Ini Surat Edaran Menag: Salat Tarawih di Rumah, Tiadakan Salat Id

JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menerbitkan┬áSurat Edaran (SE). Ini terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441H di tengah Pandemi wabah corona (Covid-19).

Dalam surat SE bernomor 6 tahun 2020 mengimbau agar salat Tarawih dilakukan bersama keluarga inti di rumah masing-masing. Selain itu, diputuskan bahwa meniadakan salat Id. Meski demikian, Menag masih menunggu terbitnya Fatwa MUI terkait pedoman ibadah Salat Id di tengah wabah corona.

“Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan Syariat Islam. Sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19,” kata Razi dalam keterangan resminya, Senin (06/4/2020), seperti dilansir www.cnnindonesia.com.

Selain itu, Razi turut berharap agar sahur dan buka puasa dilakukan oleh di rumah masing-masing. Dia juga melarang sahur on the road atau buka puasa bersama. “Buka puasa bersama baik dilaksanakan di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid maupun musala ditiadakan,” kata dia.

Poin lainnnya, Razi turut menginstruksikan agar masyarakat tak menggelar iktikaf di Bulan Ramadan di masjid atau musala. Dia juga melarang takbir keliling. Ia meminta agar masyarakat menggelar kegiatan takbiran cukup dilakukan di masjid/musala dengan menggunakan pengeras suara. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca