Sastrawan dan Budayawan Ini Serahkan Karyanya, Koleksi Buku Perpustakaan Makassar Bertambah

Rabu, 17 Juni 2020 08:33 WITA Reporter : Makassarmetro
Sastrawan dan Budayawan Ini Serahkan Karyanya, Koleksi Buku Perpustakaan Makassar Bertambah

MAKASSARMETRO – Koleksi buku Perpustakaan Kota Makassar bertambah. Sastrawan dan Budayawan Kota Makassar, Suradi Yasil dan Muhammad Amir Jaya menyerahkan langsung hasil karyanya untuk dimanfaatkan di Perpustakaan Kota Makassar.

Masing-masing penulis menyerahkan 2 buku dan diterima langsung oleh Kepala Seksi Pengembangan Koleksi Bidang Pengembangan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Abdul Jalil di dampingi Pustakawan di Ruang Kerja Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, Selasa (16/06).

Suradi Yasil menyerahkan buku masing-masing 1 exemplar yang berjudul “Ensiklopedia Kesusastraan Daerah : Bugis-Makassar, Mandar, Toraja-Massenrenpulu” dan buku puisi “Di Tengah Padang Ilalang”.

Sedangkan Muhammad Amir Jaya menyerahkan buku berjudul Kumpulan Cerpen Islami “Seutas Tasbih dan Sajadah Misteri” dan buku puisi “Buku Denyut Nadiku”.

Menurut penulis yang juga Penerbit Bambu Press, ada beberapa buku akan terbit lagi dan itu salah satu sisi akibat lebih banyak tinggal di rumah, ungkapnya sambil bergurau.

Kasi Pengembangan Koleksi, Abd. Jalil sangat mengapresiasi produktivitas penulis ditengah pandemi Covid19 dan kesadaran penerbit untuk menyerahkan hasil karyanya ke Perpustakaan Kota Makassar walaupun dalam UU No. 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam kewajiban Penerbit hanya menyerahkan 2 examplar setiap judul ke Perpustakaan Nasional dan 1 examplar setiap judul Perpustakaan Provinsi.

Walaupun demikian penerbit maupun penulis dapat juga memberikan hasil karyanya ke perpustakaan dimana ia berdomisili. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian koleksi lokal (local conten) di Perpustakaan dan salah satu memberikan konstribusi dalam pengembangan perpustakaan didaerahnya.

“Sekali lagi kami dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar mengucapkan terima kasih kepada penulis dan penerbit yang telah menyerahkan hasil karya tulisnya ke Perpustakaan dan kami menunggu Penerbit dan Penulis yang lainnya,” harap Abd. Jalil.

Selain itu, Dispustaka Makassar setiap tahunnya memilih beberapa karya penulis yang telah masuk khususnya koleksi bermuatan lokal untuk dibantu dalam kegiatan penerbitan dan pencetakannya serta diantaranya diapresiasi dalam bentuk kegiatan bedah buku.

“Seluruh penulis maupun penerbit yang dengan kesadarannya menyerahkan hasil karyanya ke perpustakaan akan diberikan piagam atau plakat penghargaan sebagai ucapan terima kasih sesuai kebijakan Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” tuturnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca