Usaha Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

Jumat, 11 Desember 2020 19:05 WITA Reporter : makassarmetro
Usaha Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

MAKASSARMETRO – Pandemi Covid-19 membuat para pelaku usaha dituntut kreatif. Tidak terkecuali Perseroan Daerah (Perseroda) Sulsel. Mereka justru tumbuh di tengah pandemi.

Ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “Strategi Pelaku Usaha di Tengah Pandemi” di Graha Pena Makassar, Jumat (11/12/2020). “Memang ada yang menurun, seperti pendapatan perparkiran. Akan tetapi, ada usaha yang justru tumbuh,” jelas Direktur Utama Perseroda Sulsel, Taufik Fachruddin.


Usaha yang dimaksud adalah Unit Pengolahan Limbah B3 rumah sakit. Menurut Taufik, pada awal pandemi Covid-19 limbah B3 dari rumah sakit justru berlimpah. Terutama masker dan yang terkait dengan alat pelindung diri bagi petugas kesehatan.

“Waktu awal pandemi, limbah B3 tidak boleh berada di rumah sakit lebih dari tiga hari. Aktivitas kami pun meningkat, otomatis pendapatan meningkat,” beber Taufik.

Terkait penerapan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya, Taufik menegaskan bahwa itu tidak bisa ditawar-tawar. Wajib menerapkan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. “Kami selalu salat berjemaah di kantor dengan menjaga jarak,” sebutnya.

Manajer GA PT Huadi Nickel Alloy Indonesia, Lily Dewi Candinegara, mengatakan bahwa pandemi tidak menghalangi perusahaannya untuk beroperasi. Bahkan saat ini justru menambah enam tungku dengan investasi Rp6,5 triliun.

Lily memastikan semua pekerjanya aman, karena menerapkan protokol kesehatan 3M. Bahkan Lily menyebut bahwa perusahaannya membantu masyarakat dengan membagikan ribuan masker dan alat pelindung diri lainnya. (din)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca