9.000 Lebih Guru Honorer Diusulkan Jadi PPPK di Sulsel

Senin, 04 Januari 2021 15:50 WITA Reporter : Makassarmetro
9.000 Lebih Guru Honorer Diusulkan Jadi PPPK di Sulsel Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Pemprov Sulsel mengirimkan usulan ribuan tenaga pendidik berstatus non-ASN ke pemerintah pusat.

Diharapkan bisa diterima melalui program rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) satu juta guru bagi honorer tahun anggaran 2021.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Hery Sumiharto, mengatakan pihaknya telah mengusulkan data sebanyak 9.000-an guru honorer. Terdiri atas jenjang SMA/SMK/SLB di bawah naungan Pemprov Sulsel.

“Kurang kebih 9.000 lebih kita usulkan dan mudah-mudahan ini bisa disetujui semua,” kata Hery dikutip Sindonews, Senin (4/1/2020).

Usulan itu masih akan diverifikasi pemerintah pusat nantinya. Namun, dia berharap Sulsel bisa bisa mendapat kuota lebih besar mengingat banyaknya guru honorer di Sulsel.

Hery berujar, penerimaan guru melalui seleksi PPPK bisa dibuka dalam waktu dekat. Meski pihaknya belum menerima informasi pasti kapan rekrutmen itu digelar, termasuk penetapan kuota yang diusulkan tiap daerah.

“Belum ada (informasi kapan usulan kita ditetapkan pusat). Kita baru masukkan usulan. Tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat ada hasilnya,” imbuh Hery.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel, Imran Jausi mengaku, pihaknya sudah mengusulkan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) kepada Kemenpan-RB, termasuk pada seleksi CPNS untuk tahun anggaran 2021.

Khusus usulan formasi PPPK, kata dia, memang sempat direvisi pasca-kebijakan pusat soal program penerimaan satu juta guru melalui rekutmen PPPK.

“Kalau usulan PPPK, kan, disdik yang verifikasi dan usulkan. Sekitar 9.000 lebih itu untuk formasi guru (seleksi PPPK). Jadi dia masukkan langsung ke Kemendikbud, kami cuma menerima laporan,” tutur Imran. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca