Pemkot Makassar Dapat Bantuan Rp9,9 Miliar untuk Revitalisasi RPH Tamangapa

Selasa, 05 Januari 2021 17:09 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Pemkot Makassar Dapat Bantuan Rp9,9 Miliar untuk Revitalisasi RPH Tamangapa

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar mebdapatkan bantuan Rp9,9 miliar untuk revitalisasi rumah potong hewan (RPH) Tamangapa. Hal itu disampaikan Pj Wali Kota, Rudy Djamaluddin, Selasa (5/1/2021).

Rudy menjelaskan, bantuan tersebut berasal dari dua sumber, yakni pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pemerintah kota bertangung jawab melakukan pembebasan lahan seluas 3,1 hektare.

“Alhamdulillah, ya, Pemerintah Kota Makassar mendapat perhatian besar dari pemerintah pusat juga Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Dari pusat itu kita di suplai sebesar Rp1,4 M yang akan digunakan untuk pengadaan dan pemasangan peralatan dan dari Pemprov Sulsel kucuran Rp8,5 M untuk pembangunan fisik bangunan utama. Sementara dari Pemkot Makassar sendiri pembebasan lahan seluas 3,1 hektare sudah dianggarkan dalam APBD melalui Dinas Pertanahan,” beber Rudy.

Rudy telah memantau langsung pengerjaan RPH itu pada Senin (4/1/2021) kemarin. RPH yang dulunya terkesan kurang terawat kini perlahan dibenahi dengan anggaran cukup besar.

“Kita ingin hadirkan RPH modern. Olehnya itu pengerjaannya tidak boleh setengah-setengah. Siapkan konsepnya, metodenya, dan yang pasti lahannya menjadi prioritas. Ini dikarenakan agar apa yang menjadi impian yakni RPH terbesar dapat kita wujudkan,” ucap Rudy.

Rudy berharap dengan adanya wajah baru dari RPH Tamangapa ini, kualitas daging yang disalurkan nantinya bisa lebih terjamin kebersihan dan kehalalannya.

“Kita revitalisasi RPH ini dengan harapan agar kualitas daging bisa lebih segar. Ingat daging, ingat RPH. Ini yang ingin kita tanamkan ke masyarakat agar fokus pembelian dagingnya di sini saja. Olehnya itu, semua aspek harus diperhatikan. Kebersihan dan kehalalannya. Cara penyembelihan dan pemisahan daging itu juga menjadi catatan,” jelasnya.

Dengan adanya tampilan baru dari RPH Tamangapa, diharapkan juga dapat menjadi destinasi menarik bukan hanya warga Makassar, tetapi juga warga luar. Itu karena selain tempat pemotongan hewan, di area ini juga akan dibangun pasar hewan serta rumah pengolahan kulit hewan seperti tas dan sepatu. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Makassar
  2. RPH Tamangapa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca