Pemkot Makassar Sudah Ancang-Ancang Pangkas 204 Tenaga Kontrak

Rabu, 20 Januari 2021 15:38 WITA Reporter : Makassarmetro
Pemkot Makassar Sudah Ancang-Ancang Pangkas 204 Tenaga Kontrak Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar sudah merampungkan evaluasi kinerja tenaga kontrak. Ada 204 pegawai berkinerja buruk.

Kepala Bidang Kinerja dan Penghargaan BKPSDM Kota Makassar, Munandar, menjelaskan bahwa hasil evaluasi kinerja tenaga kontrak sudah diusul untuk tidak diperpanjang. Selanjutnya menjadi kewenangan Bidang Pengadaan dan Informasi untuk memproses hasil temuan itu.

“Kita hanya sebatas melakukan evaluasi dan membuat list nama-nama, kewenangan untuk memproses itu baik pemberhentian dan perpanjangannya ada di bidang pengadaan,” kata Munandar, dikutip dari Sindonews, Rabu (20/1/2021).

Evaluasi kinerja pegawai baik berstatus PNS maupun non-PNS rutin dilakukan tiap tahun. Selain menerima laporan, juga ada peninjauan langsung ke lapangan untuk memverifikasi kebenaran aduan yang diterima.

Ada beberapa alasan SK tenaga kontrak tidak perlu lagi diperpanjang. Salah satunya, tidak disiplin dan melanggar aturan secara berulang. Sikap seperti ini, menurut dia perlu diberikan sanksi tegas.

“Sudah ditegur secara berulang, tapi masih begitu. Kenapa juga ada pegawai seperti itu. Ada juga pekerjaannya tidak sesuai target, disuruh A, dia kerja C,” ujar dia.

Munandar tidak menampik keberadaan tenaga kontrak cukup membantu kinerja pemerintah. Akan tetapi, perlu ada evaluasi, sebab diakui ada banyak tenaga kontrak yang kinerjanya kurang baik. “Jadi jangan semua diperpanjang, harus ada evaluasi,” papar dia. (*)

Topik berita Terkait:
  1. BKPSDMD Makassar
  2. Pemkot Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca