Santuni Korban Bom, Mensos Rini Bakal Berkunjung ke Makassar

Selasa, 20 April 2021 06:58 WITA Reporter : Makassarmetro
Santuni Korban Bom, Mensos Rini Bakal Berkunjung ke Makassar Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

MAKASSARMETRO – Menteri Sosial, Tri Rismaharini, diagendakan berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (20/4/2021).

Dia akan menyerahkan bantuan kepada korban luka akibat ledakan bom di depan Gereja Katedral Makassar pada 28 Maret 2021 lalu.

“Menteri Sosial akan mengunjungi 19 orang yang terluka akibat terkena bom, tiga di antaranya masih dirawat di rumah sakit Bhayangkara Makassar,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Robben Rico dalam keterangan tertulis, Senin (19/4/2021).

Selama di Makassar, Risma juga dijadwalkan bertemu dengan ahli waris korban meninggal akibat serangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Puncak Papua.

“Kepada tiga orang ahli waris akan diserahkan santunan dengan harapan dapat meringankan beban bagi keluarga yang ditinggalkan, korban penembakan di Puncak Papua merupakan warga asal Toraja dan Barru Sulawesi Selatan,” ucap Robben.

Kejadian ledakan bom dan penembakan oleh KKB termasuk kategori bencana sosial, sesuai dengan Permensos 4 Tahun 2015 tentang Bantuan Langsung Berupa Uang Tunai Bagi Korban Bencana. Sehingga korban meninggal bisa mendapatkan bantuan santunan ahli waris dan santunan korban luka.

Dalam kunjungan kali ini, Risma akan didampingi oleh Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin dan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat.

Menurut Permensos tersebut, besar nilai bantuan santunan ahli waris sebesar Rp15 juta per jiwa, dan untuk korban luka mendapatkan santunan paling banyak Rp5 juta. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Kementerian Sosial
  2. Tri Rismaharini
Berikan Komentar
Komentar Pembaca