Masih Ada Perusahaan Belum Selesaikan THR, Disnaker Makassar: Sanksi Menanti

Kamis, 27 Mei 2021 14:01 WITA Reporter : Makassarmetro
Masih Ada Perusahaan Belum Selesaikan THR, Disnaker Makassar: Sanksi Menanti Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Perusahaan yang belum membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada kayawannya hingga saat ini terancam akan mendapat sanksi dari pemerintah.

Hingga saat ini Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar mencatat ada 25 aduan resmi soal keterlambatan THR. Namun, 15 di antaranya sudah diselesaikan setelah dimediasi.

Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Disnaker Kota Makassar, Andi Sunrah Djaya, mengatakan pihaknya telah melimpahkan persoalan ini ke Pemprov Sulsel.

“Kita sudah limpahkan laporannya ke Disnakertrans Sulsel Senin kemarin, masih ada 10 perusahaan itu,” kata Sunrah, Rabu (6/5/2021).

Perusahaan yang terkendala pembayaran THR ini sebagian besar bergerak di sektor distribusi barang dan jasa serta perhotelan.

“Kalau aduan sebenarnya lebih banyak yang kita terima untuk aduan WhatsApp, tapi yang masuk resmi cuma 25, sekarang tersisa 10,” beber Sunrah.

Nantinya perusahaan itu akan dimintai keterangan. Mereka juga akan diberikan rekomendasi wajib menyelesaikan THR. Jika tidak kunjung diselesaikan, pemberian sanksi baru akan ditempuh.

Ada tiga jenis sanksi yang bisa diberikan kepada perusahaan. Mulai dari sanksi ringan berupa teguran dan pernyataan. Lalu, sanksi sedang meliputi pemberhentian kegiatan anak perusahaan, lalu sanksi berat pencabutan izin operasional. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca