Lapas Kelas I Makassar Luncurkan Layanan Jamila, Permudah Hak Intergrasi WBP

Senin, 02 Agustus 2021 09:02 WITA Reporter : Makassarmetro
Lapas Kelas I Makassar Luncurkan Layanan Jamila, Permudah Hak Intergrasi WBP

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Memudahkan warga binaan pemasyarakatan (WBP) memperoleh hak integrasi, Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar menghadirkan program inovatif bernama Layanan Jaminan Integrasi Online, disingkat Layanan Jamila.

Dengan Layanan Jamila, keluarga warga binaan tetap bisa melakukan pengurusan integrasi tanpa harus berinteraksi langsung dengan petugas Lapas.

“Cukup melalui scan QR Code atau link yang telah disediakan sehingga calon penjamin hanya mengisi formulir dan meng-upload scan dokumen yang diminta,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Makassar, Bawono Ika Sutomo, Minggu (1/8/2021).

Setelah sejumlah dokumen yang dipersyaratkan diunggah, tinggal dilakukan verifikasi administrasi dan faktual sebelum warga binaan memperoleh hak integrasi sebagaimana yabg tertuang dalam Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020.

Dia melanjutkan bahwa layanan Jamila hadir sebagai tindak lanjut upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan lembaga dalam naungan Kemenkumham RI ini.

“Ada pemberian program asimilasi di rumah bagi WBP, ditiadakannya layanan kunjungan WBP yang diganti dengan layanan kunjungan online serta pemberian vaksin kepada seluruh pegawai dan Narapidana Lapas kelas I Makassar,” ujarnya.

Hak integrasi merupakan hak warga binaan utamanya mereka yang telah menjalani 2/3 masa binaan, atau sudah hampir bebas. Tentunya dengan syarat telah berkelakuan baik selama dalam pembinaan.

Hanya saja, hak integrasi tidak dapat diberikan kepada warga binaan untuk kasus narkotika, terorisme, korupsi, kejahatan hak asasi manusia, dan kejahatan yang mengganggu keamanan negara. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Lapas Kelas 1 Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca