Rayakan Hari Gizi Nasional, RSUD Makassar Gelar Berbagai Kegiatan

Sabtu, 28 Januari 2023 17:19 WITA Reporter : Makassarmetro
Rayakan Hari Gizi Nasional, RSUD Makassar Gelar Berbagai Kegiatan Jajaran RSUD Makassar turut memperingati Hari Gizi Nasional 2023 dan menjalankan Program Nasional Bebas Stunting, Jumat (27/01/2023)/Ist

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Jajaran RSUD Makassar turut memperingati Hari Gizi Nasional 2023 dan menjalankan Program Nasional Bebas Stunting. Dalam bingkai inovasi pelayanan kesehatan Jangkauan Maksimal Pelayanan Kesehatan Ibu & Anak Terintegrasi (JAMPANGI), pihaknya kembali menggelar berbagai kegiatan, Jumat (27/01/2023).

Kegiatan itu di antaranya, Gerus Matah (Gerakan USG Gratis di Jumat Berkah), Konseling Gizi, Bikangdoang (Bicara Kesehatan Dengan Orang Tersayang), Demo pengolahan MP-ASI, dan Pemberian Makanan Tambahan. Juga Gerakan Makan Telur yang diikuti oleh sejumlah balita dan ibu hamil sebagai peserta dan seluruh pegawai RS.

“Peringatan Hari Gizi Nasional yang mengangkat tema “Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”, RSUD Kota Makassar juga mempersembahkan Bikangdoang atau Bicara Kesehatan dengan orang tersayang,” kata Direktur RSUD Kota Makassar, dr Ahmad Asy’ari.

Adapun dengan menghadirkan dr. Nur Ashari dr. Akhmad Kadir, Tim Dietisien & Nutrisionis RSUD Kota Makassar. Kegiatan dipandu oleh Rima Kusumah Dewi yang membuat acara ini semakin meriah. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Dewan Pengawas RSUD Kota Makassar, drg. A. Ita Anwar.

Ahmad Asy’arie juga menyampaikan bahwa kegiatan ini leading sektornya adalah Dinas Kesehatan Kota Makassar. Dan sebagai RS wajib mendukung program nasional bebas stunting.

“Oleh karenanya juga perlu ada usaha promotif kepada masyarakat juga upaya memperkuat jejaring sebagai FKTRL dibidang kesehatan yang ada,” tambahnya.

Kegiatan yang dilakukan staf Instalasi Gizi dan Obgyn RSUD Kota Makassar yang juga berkolaborasi dengan para Nutrisionis Puskesmas membantu dalam upaya mengurangi stunting yang ada di Kota Makassar. Adapun dengan memberikan edukasi Nutrisi Protein Hewani juga kaitan nya dengan pemeriksaan kehamilan yang berkualitas sebagai cikal bakal pencegahan stunting.

Selain itu dr. Nur Ashari selaku salah satu Narasumber dari kegiatan Hari Gizi Nasional dalam kegiatan Bikangdoang mengatakan pentingnya gizi pada ibu hamil. Sebab, optimalisasi gizi pada Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah periode pertama anak dari masa kehamilan sampai usia 2 tahun itu sangat memerlukan asupan gizi.

“Sebab jika tidak, itu dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, jadi Asupan Gizi yang Optimal pada 1000 HPK merupakan Modal untuk menyongsong masa emas anak dalam rangka menciptakan Generasi Emas yang Sehat dan Berkualitas,” tutupnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Hari Gizi Nasional
  2. Makassar
  3. RSUD Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca