Kepala Dinas PU Makassar Hadiri Rapat Review Mission ADB Proyek MSMIP IPAL Losari

Rabu, 25 Oktober 2023 17:07 WITA Reporter : Makassarmetro
Kepala Dinas PU Makassar Hadiri Rapat Review Mission ADB Proyek MSMIP IPAL Losari

MAKASSARMETRO, MAKASSAR – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir menghadiri rapat koordinasi yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muh Ansar, di ruang Sipakalebbi, Rabu (25/10/2023).

Rapat Koordinasi ini membahas persiapan pelaksanaan tahap operasional, dan pemeliharaan dalam rangka Review Mission oleh ADB Indonesia Resident Mission, untuk Metropolitan Sanitation Management and Investment Project (MSMIP).

Rapat tersebut dihadiri sejumlah pejabat penting perwakilan Pemerintah Pusat, yakni Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemendagri, Kemen PUPR, Balai PPW Sulsel, Tim Pendamping Kegiatan MSMIP, ADB, Konsultan PISC MSMIP, USAID IUWASH TANGGUH.

Hadis juga Kontraktor Pelaksana PT. PP dan PT Waskita Karya, Kepala Bappeda, Dirut PDAM, Kepala UPT BLUD PAL DPU Makassar, Kepala BPKAD Makassar, Anggota LPMU, dan PPMU MSMIP Kota Makassar.

Salah satu tujuan dari rapat koordinasi ini adalah untuk memastikan bahwa infrastruktur Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) yang sedang dibangun akan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Kadis PU Makassar, Zuhaelsi Zubir menyampaikan bahwa kesiapan pemerintah kota Makassar dalam mendukung keberlangsungan proyek MSMIP, dengan menganggarkan biaya instalasi sambungan rumah dari pipa induk ke rumah warga masyarakat, dan menyampaikan upaya dinas pekerjaan umum dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Rapat koordinasi ini adalah langkah penting dalam menggarap proyek sanitasi yang sangat vital bagi Kota Makassar dan warganya. Dengan kolaborasi dan perencanaan yang baik, diharapkan proyek ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat,” ujar Elsi sapaan akrabnya.

Sementara, perwakilan Kemenkeu mengingatkan semua pihak yang terlibat untuk menjaga koordinasi, kolaborasi, dan integritas dalam melaksanakan pembangunan ini, karena proyek pengelolaan air limbah ini dianggap penting dan memerlukan peran serta masyarakat.

Afiana dari Bappenas juga memberikan informasi bahwa Proyek MSMIP telah direncanakan sejak tahun 2014, dan meskipun ada kondisi-kondisi yang di luar perencanaan, penting untuk memastikan bahwa proyek ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pemda diharapkan dapat memanfaatkan dan memelihara infrastruktur yang ada. Selain itu, Kepala Balai PPW PUPR, Asyiri memberikan paparan mengenai progres proyek MSMIP yang telah mencapai 97,75 persen dan disesuai rencana akan mencapai 100 persen di Bulan November mendatang.

Rapat koordinasi ini menjadi langkah penting dalam memastikan kesuksesan dan kualitas proyek pengolahan air limbah domestik yang berdampak besar bagi Kota Makassar dan masyarakatnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Dinas PU Makassar
  2. Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca