Anrong Guru Taeng Darmawangsyah Muin Ajak Masyarakat Lestarikan Adat di Gowa

Kamis, 05 September 2024 00:27 WITA Reporter : Makassarmetro
Anrong Guru Taeng Darmawangsyah Muin Ajak Masyarakat Lestarikan Adat di Gowa

MAKASSARMETRO, GOWA – Anrong Guru Taeng, Darmawangsyah Muin berkomitmen untuk mendorong pelestarian adat dan budaya di Kabupaten Gowa.

Olehnya, Bakal Calon Wakil Bupati Gowa ini mengatakan pemerintah bersama masyarakat Gowa harus bersatu padu, bergandengan tangan menghidupkan kembali semangat kejayaan masa lalu demi masa depan yang lebih maju dan gemilang.

Demikian disampaikannya saat Gelar anugerah lestari budaya lembaga adat Anrong Guru Taeng dan Milad ke-6 pertabalan Anrong Guru Taeng 2024 di Gedung Haji Bate, Sungguminasa, Rabu (4/9/202).

“Mari kita kobarkan api bersatu kita mampu menjaga dan mewariskan kebudayaan ini kepada anak cucu kita. Jangan biarkan warisan budaya kita menjadi permainan politik sesaat, tetapi jadikanlah ia sumber inspirasi dan kebanggaan bersama, dengan hati yang penuh cinta dan bangga, mari kita jaga dan lestarikan warisan ini,” bebernya.

Menurutnya, kegiatan ini juga untuk merenungi dan mengenang kejayaan masa lalu negeri ini, sebuah zaman gemilang yang pernah mewarnai perjalanan sejarah bangsa.

Dijelaskan, Kerajaan Gowa, dengan segala kebesarannya, telah menjadi saksi sejarah dari peradaban yang luar biasa.

Di bawah panji-panji kebesaran raja-raja bijaksana dan kesatria, Gowa pernah berdiri megah sebagai pusat dan kebudayaan yang mempesona.

“Dalam bayang-bayang waktu, kita melihat kemegahan istana, gagahnya para prajurit, dan riuhnya perdagangan yang hidup dengan perekonomian yang maju,” ucapnya.

Sekretaris Gerindra Sulsel ini melanjutkan seiring gemerlap sejarah dan peradaban yang ada, selalu ada sosok yang merasa terpanggil untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya ini.

Satu di antaranya adalah dirinya, sebagai bagian dari Anrong Guru Taeng sebagai salah satu entitas budaya di Gowa, yang memikul tanggungjawab besar untuk memastikan bahwa nilai-nilai luhur dan tradisi nenek moyang kita harus tetap hidup.

“Kami adalah adalah pewaris sekaligus penjaga warisan, pelindung kebudayaan, yang dengan penuh dedikasi ingin merawat dan mengajarkan kearifan lokal tersebut dari generasi ke generasi,” tutupnya.

Ada beberapa rangkaian acara pada kegiatan Gelar anugerah lestari budaya lembaga adat Anrong Guru Taeng dan Milad ke-6 pertabalan Anrong Guru Taeng 2024 ini yakni, silaturahmi pemangku adat se-Sulsel, anugerah lestari budaya, orasi kebudayaan, dan pagelaran seni budaya.

Diketahui Anrong Guru Taeng atau Bali Empona Kerajaan Gowa memiliki tugas sebagai dewan pertimbangan dan sebelumnya dijabat oleh Alauddin Karaeng Emba yang juga merupakan kakek dari Darmawangsyah Muin yang kini mengemban amanah tersebut. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Darmawangsyah Muin
  2. Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca