pelayanan publik

Masifkan Penataan Pedagang, UPT Pengelolaan Pantai Losari Mendata Hingga Larut Malam

Jumat, 11 Januari 2019 01:04 WITA Reporter :
Masifkan Penataan Pedagang, UPT Pengelolaan Pantai Losari Mendata Hingga Larut Malam

MAKASSARMETRO– Dinas Pariwisata Kota Makassar melalui UPT Pengelolaan Pantai Losari memasifkan upaya penataan pedagang jajanan di kawasan Anjungan Pantai Losari.

Sebagai langkah awal, pihak UPT Pengelolaan Pantai Losari melakukan pendataan pedagang yang masih aktif di area ikon Kota Makassar ini.

Kepala UPT Pengelolaan Pantai Losari, Nurul Akbar Nur menilai perlu untuk dilakukan pendataan kembali karena terdapat perubahan jumlah pedagang, sehingga data yang dimiliki harus diperbaharui.

Dia menyebut terdapat dua kelompok pedagang yang beroperasi, yakni pedagang pisang epe dan pedagang asongan.

“Untuk pendataan memang ini baru dilakukan lagi mengingat adanya perubahan jumlah pedagang yang ada saat ini,” ungkap Nurul Akbar Nur, Kamis malam (10/1/2019).

Selain memudahkan proses penataan, lebih lanjut Nurul Akbar menyebut, pendataan ini guna mengantisipasi pedagang liar beroperasi. Begitu juga dengan proses pembinaan.

“Pendataan ini sangat penting. Selain untuk menginventarisir jumlah pedagang, juga untuk mendeteksi adanya pedagang liar yang masuk. Sekaligus untuk memudahkan proses pembinaan secara berkelompok ataupun keseluruhan,” katanya.

Dia mengatakan proses pembinaan kepada para pedagang hampir setiap saat dilakukan. Utamanya untuk meningkatkan keterlibatan aktif pedagang dalam menjaga keindahan, ketertiban dan keamanan di sekitarnya.

“Kalau kegiatan pembinaan ini sebenarnua hampir setiap saat dilakukan dengan model turun kebawah, mengambil peran aktif dalam menata area dagangan masing-masing,” jelasnya.

Dalam proses pendataan yang berlangsung hingga larut malam ini, Nurul Akbar didampingi personel Satuan Polisi Pamong Praja.

Topik berita Terkait:
  1. Pariwisata
Berikan Komentar
Komentar Pembaca