DBD Bisa Dicegah Dengan 4M Plus

Selasa, 05 Februari 2019 10:47 WITA Reporter :
DBD Bisa Dicegah Dengan 4M Plus

MAKASSARMETRO– Persebaran penyakit demam berdarah yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti bisa dicegah dengan langkah sederhana, murah bahkan tanpa biaya sama sekali.

Hal inilah yang rutin dilakukan Dinas Kesehatan Kota Makassar untuk mencegah warga terjangkiti penyakit mematikan ini

“Kita rutin di setiap wilayah termasuk melalui Puskesmas mensosialisasikan cara mencegah persebaran nyamuk, yakni melalui 4M Plus,” ungkap Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, dr Hadarati.

Dia menjelaskan, yang pertama warga dianjurkan menguras tempat penampungan air secara rutin minimal seminggu sekali.

“Menutup tempat penampungan air atau yang biasa ditempati nyamuk bersarang dan mendaurulang tempat penampungan air yang tidak terpakai,” ujar Hadarati.

Kemudian perlunya memantau jentik nyamuk di wilayah masing-masing, minimal seminggu sekali.

“Kalau plusnya itu, memakai kelambu ketika akan istirahat atau menanam tumbuhan yang repelan atau tidak disukai lingkungan rumah kita,” ucapnya.

Pihaknya juga menyiapkan serbuk Abate yang telah didistribusikan di seluruh Puskesmas. Tujuannya untuk mematikan jentik di sarang nyamuk.

Dia menyebut, selanjutnya tinggal kesadaran dari warga untuk melindungi keluarga utamanya anak-anak yang rentan terkena penyakit ini.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mencatat ada 21 kasus demam berdarah pada Januari 2019 di Kota Makassar. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu pada bulan yang sama yakni dengan 12 kasus.

Topik berita Terkait:
  1. Dinkes
Berikan Komentar
Komentar Pembaca