somberena parlementa

Serunya Diskusi Hidup Sehat Bersama Ade Rai dan BPJS Kesehatan

Kamis, 05 September 2019 13:34 WITA Reporter : Helmi
Serunya Diskusi Hidup Sehat Bersama Ade Rai dan BPJS Kesehatan

MAKASSARMETRO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama Pemerintah Kota Makassar menggelar Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Ruang Sipakatau, Balaikota Makassar. Kamis (5/9/2019).

BPJS Kesehatan mengemas sosialisasi ini dengan diskusi pola hidup sehat bersama atlet binaragawan nasional yang juga Brand Ambassador BPJS Kesehatan, Ade Rai.

Sekda Kota Makassar, Muhammad Ansar mengapresiasi rangkaian acara yang dikemas dengan diskusi ini. Menurutnya, menerima pengetahuan tentang pola hidup sehat dari praktisi seperti Ade Rai merupakan hal yang sayang untuk dilewatkan.

“Saya tadi sengaja tinggal lebih lama untuk dengar penjelasan langsung dari Mas Ade Rai. Ada pengetahuan soal kesehatan yang sebenarnya sangat sederhana tapi berefek besar dalam kesehatan kita,” ujar Muhammad Ansar.

Salah satunya, kata Ansar, yakni perhatian soal asupan makanan yang seringkali luput dari perhatian. Apalagi di Makassar yang dikenal dengan kuliner yang kaya lemak hewani, seperti coto atau konro.

“Makassar kaya dengan kuliner bahan dasar daging atau ada lemaknya, seperti coto. Ternyata ada aturannya, bisa makan tapi jangan berlebih. Itupun harus diimbangi dengan olahraga atau gerak fisik untuk membakar lemak menjadi energi,” jelasnya.

Ade Rai menyatakan bahwa persoalan kesehatan juga perlu diperhatikan dari aspek kebersihan lingkungan serta perilaku hidup bersih dan sehat. Menanggapi hal tersebut, Muhammad Ansar menegaskan bahwa hal ini sudah dilakukan Pemkot Makassar melalui sejumlah program.

“Lingkungan lorong kita sudah tata supaya bersih, belum lagi program Lorong Sehat dari Dinas Kesehatan, di mana warga setempat wajib menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” timpal Ansar.

Meski begitu, Pemkot Makassar tetap menggelorakan dan mengkampanyekan hidup sehat, bukan hanya fisik dan lingkungan, tetapi juga spiritual.

“Program Pemkot juga ada yang menyangkut kesehatan spiritual, PJ Walikota mengemasnya dengan Jumat Ibadah. Untuk lingkungan dan fisik, kita ada Sabtu Bersih dan Ahad Sehat,” kata dia.

Sementara itu, perwakilan BPJS Makassar, Greisthy Borotoding mengungkapkan bahwa pihaknya memang sengaja menghadirkan Ade Rai untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan soal hidup sehat kepada warga Kota Makassar.

“Sosialisasi ini lebih kepada mengajak warga Makassar untuk menerapkan hidup sehat, sengaja kita langsung menghadirkan Mas Ade Rai supaya warga termotivasi untuk mulai mengubah gaya hidup tidak sehat,” tutup dia.

Topik berita Terkait:
  1. BPJS
  2. BPJS Kesehatan
  3. Dinkes
  4. PHBS
  5. Sekda Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca