somberena parlementa

Dua Tahun Dipimpin Danny Pomanto, AKKOPSI Beri Kontribusi Nyata Bagi Sanitasi

Jumat, 26 April 2019 21:54 WITA Reporter : Helmi
Dua Tahun Dipimpin Danny Pomanto, AKKOPSI Beri Kontribusi Nyata Bagi Sanitasi

MAKASSARMETRO– Tinggal menghitung hari, Moh. Ramdhan Pomanto bakal berhenti dari jabatannya sebagai Walikota Makassar, begitu pula dengan jabatannya dalam sebagai Ketua Umum Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi Indonesia atau AKKOPSI.

Meski baru sekitar dua tahun memimpin AKKOPSI, ide-ide dan semangat Danny Pomanto dalam peningkatan kualitas sanitasi tertular ke berbagai daerah.

Bagi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Khadijah Iriani, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam waktu yang relatif singkat.

“Baru dua tahun memimpin AKKOPSI, dampaknya, kontribusinya sangat nyata. Baik Pak Wali sebagai Walikota kita, dengan segala ide dan gagasan tentang perbaikan sanitasi, maupun sebagai Ketua AKKOPSI yang kemudian turut menyebar ke daerah lain,” kata Andi Khadijah Iriani, Jumat (25/4/2019).

Dia menyebut, sejumlah daerah mulai menjadikan isu sanitasi menjadi prioritas perhatian pemerintah daerah lain, seperti Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan dan Kabupaten Kulon Progo, di Yogyakarta.

“Kesadaran, kepedulian terhadap persoalan sanitasi itu mulai bangkit di beberapa daerah. Seperti Banjarmasin dan Kulon Progo,” katanya.

Persoalan kualitas sanitasi mencakup beberapa hal, seperti persoalan pengelolaan mitigasi bencana seperti banjir, hingga aspek lingkungan maupun kesehatan, menjaga kualitas air tanah dan mencegah stunting.

Pada tanggal 8 Mei 2019 mendatang, kepemimpinan Danny Pomanto bersama Syamsu Rizal di Makassar bakal berakhir. Berdasarkan informasi yang diterima , AKKOPSI bakal menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa untuk menentukan pengganti Danny Pomanto.

“Sepertinya awal Mei nanti bakal ada pertemuan persiapan seperti Munaslub,” beber Andi Khadijah Iriani.

Topik berita Terkait:
  1. Bappeda
Berikan Komentar
Komentar Pembaca