pelayanan publik

Bapenda Makassar Kembali Lahirkan Inovasi, PAD Naik Rp. 2,5 M Saat Uji Coba

Rabu, 01 Mei 2019 21:32 WITA Reporter : Helmi
Bapenda Makassar Kembali Lahirkan Inovasi, PAD Naik Rp. 2,5 M Saat Uji Coba

MAKASSARMETRO– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar kembali meluncurkan sebuah program inovatif dalam hal meningkatkan potensi penerimaan pendapatan asli daerah dari sektor pajak.

Pada hari ini Rabu (1/5/2019), Program Online System, atau pembayaran pajak sistem daring resmi diterapkan di Makassar yang menyasar empat jenis objek pajak, yakni Pajak Hotel, Restoran, Hiburan, dan Parkir.

Kepala Bapenda Makassar, Irwan Adnan mengatakan, terdapat bakal ada 1.500 objek pajak yang akan mendapatkan program ini secara bertahap.

Sistem ini, terang Irwan, bakal menggunakan tiga jenis alat yang menyesuaikan dengan kemampuan sistem obyek pajak itu sendiri. Alat ini Tapping box, barebone dan payment online system (POS)

“Kalau tapping box, langsung merekam pembayaran pajak ke kas daerah. Bare Bone itu masuk ke sistem mereka dulu, keduanya komputerisasi. Sedangkan bagi yang masih manual, kita pinjamkan POS tadi untuk proses pembayaran pajak,” jelas Irwan Adnan.

Dia menegaskan, tidak ada alasan bagi wajib pajak untuk tidak menggunakan alat ini. Pihaknya mengingatkan bahwa proses pembayaran pajak di bawah pemantauan langsung Koorpsugah KPK RI.

“Supervisi atau pembayaran dilakukan secara real time oleh KPK, jadi kalau ada yang menolak atau yang bandel bisa langsung kelihatan karena secara online,” katanya.

Irwan Adnan berharap penerimaan pajak guna menggenjot pendapatan asli daerah bisa lebih dioptimalkan. Dia membocorkan, selama beberapa pekan masa uji coba untuk puluhan objek pajak, PAD meningkat Rp. 2,5 milyar.

“Sebelum ada program ini saja kita selalu optimis bisa capai target, apalagi kalau ini diterapkan. Waktu uji coba sekitar beberapa minggu, itu PAD dari empat jenis objek pajak naik Rp. 2,5 miliar. Itu untuk beberapa wajib pajak saja, bagaimana kalau ribuan?,” ucapnya.

Diketahui peralatan yang mendukung sistem ini dari program Tanggungjawab Sosial Perusahaan Bank Sulselbar. Bapenda Makassar hanya menyiapkan wajib pajaknya saja.

Sebagai tambahan informasi, Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto yang melaunching program ini didampingi Koorpsugah KPK RI, Adliansyah Malik Nasution.

Topik berita Terkait:
  1. Bapenda
Berikan Komentar
Komentar Pembaca