somberena parlementa

Persiapan Berkendara Agar Tubuh tetap Fit saat Mudik

Senin, 27 Mei 2019 11:09 WITA Reporter : Widya
Persiapan Berkendara Agar Tubuh tetap Fit saat Mudik

MAKASSARMETRO- Lebaran sebentar lagi, nuansa mudik sudah mulai terasa.
Saat mudik ke kampung halaman, penting untuk melakukan persiapan yang matang. Agar bisa selamat sampai tujuan dan bertemu dengan keluarga terkasih.

Menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi salah satu pilihan bagi pemudik.

Namun sebelumnya, kondisi tubuh perlu terjaga agar tetap fit saat berkendara. Terlebih jika pengemudi mengangkut banyak penumpang.

Berikut cara mempersiapakan agat tubuh tetap fit. Tips dari Kementerian Perhubungan yang dibagikan melalui akun Instagram resminya @kemenhub151.

Pertama, tidur secukupnya. Kalau kamu pengemudi membawa banyak penumpang, tidak mungkin bisa mengambil jam untuk singgah dan tidur saat dalam perjalanan.

Jam kerja pengemudi juga dibatasi sebagaimana dalam UU No. 22 tahun 2009 pasal 90 yaitu maksimal 8 jam sehari dan dalam hal tertentu maksimal 12 jam termasuk waktu istirahat selama 1 jam. Untuk pengendara yang mengemudikan kendaraan selama 4 jam berturut-turut wajib beristirahat paling singkat setengah jam.

Kedua, makan dan minum yang cukup, ini juga penting, jangan terlalu banyak maupun sedikit.

Ketiga, pengemudi harus menentukan waktu berkendara. Atur waktunya, pilih siang, sore, atau malam. Kemudian kamu atur jatah waktu berkendara, dan kapan saatnya istirahat.

Menjaga kondisi fit sebelum berkendara adalah tanggung jawab pengemudi kepada penumpangnya.

Topik berita Terkait:
  1. Idulfitri
  2. Mudik
Berikan Komentar
Komentar Pembaca