somberena parlementa

Penyakit Serius Intai Bila Stres Berat di Tempat Kerja

Minggu, 16 Juni 2019 10:11 WITA Reporter : Widya
Penyakit Serius Intai Bila Stres Berat di Tempat Kerja

MAKASSARMETRO- Tekanan kerja, situasi, dan lingkungan kerja yang tidak mendukung dapat membuat seseorang stres berat.

Stres tak hanya membuat seseorang malas bekerja tapi juga akan berimbas pada kondisi mental yang dapat memengaruhi kesehatan.

Dilansir dari alodokter.com, ada beberapa penyebab yang membuat pekerja stres.

Penyebabnya seperti, beban kerja yang terlalu berat atau banyak, tuntutan dan tekanan kerja yang tidak sesuai atau melebihi kemampuan, gaji yang rendah, tidak menguasai bidang pekerjaan yang digeluti, tidak mendapat apresiasi dari atasan, dan terlalu perfeksionis.

Penyebab stres lainnya seperti, memiliki hubungan yang buruk dengan atasan atau rekan kerja, mendapatkan pengawasan yang terlalu ketat dari atasan, dan lingkungan kerja yang tidak sehat.

Stres kerja memang umum terjadi, namun jangan mengabaikan gejala yang muncul akibat stres. Jika tidak tertangani, stres dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan.

Gangguan kesehatan yang mengintai akibat stres di tempat kerja seperti migrain, tekanan darah tinggi, diabetes, dan depresi.

Untuk mengatasi stres berat, ada enam langkah yang bisa diambil.

Pertama, bicarakan masalah atau keluhan yang membuat Anda stres kepada atasan atau manajer HRD di kantor Anda.

Kedua, lakukan beberapa perubahan yang bisa mengurangi tingkat stres di tempat kerja. Anda mungkin bisa melakukan perubahan itu sendiri, atau membutuhkan bantuan orang lain dalam mewujudkannya.

Ketiga, atur pekerjaan Anda dengan baik. Buatlah daftar pekerjaan sesuai prioritasnya.

Keempat, jangan memendam stres sendiri. Ceritakan kepada pasangan atau orang terdekat mengenai tekanan kerja yang Anda rasakan. Anda butuh dukungan dan saran dari mereka.

Kelima, nikmati waktu libur dengan baik dan lakukan kegiatan yang menyenangkan saat libur tiba. Jika ada waktu, pergilah ke tempat wisata yang ingin Anda kunjungi agar pikiran kembali segar.

Keenam, jika Anda telah melakukan perubahan dan stres tetap dialami, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan pekerjaan di tempat lain.

Topik berita Terkait:
  1. Kesehatan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca