somberena parlementa

Penuhi Layanan Kesehatan, Dinkes Makassar Sosialisasi Penggunaan Aspak

Jumat, 28 Juni 2019 15:29 WITA Reporter : Haider
Penuhi Layanan Kesehatan, Dinkes Makassar Sosialisasi Penggunaan Aspak

MAKASSARMETRO– Dinas Kesehatan Kota Makassar mengelar review aplikasi prasarana alat kesehatan (Aspak) 2019. Kegiatan ini sebagai bentuk pemenuhan pelayanan kesehatan di Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin dalam sambutanya mengatakan
berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan nomor 31 tahun 2018 tentang aplikasi sarana prasarana dan alat kesehatan. Setiap Puskesmas diwajibkan mengisi aspek-aspek merupakan suatu aplikasi berbasis web yang menghimpun data dan meyakinkan informasi mengenai sarana prasarana dan alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Di samping itu dapat memaparkan atau informasi ketersediaan dan pemenuhan terhadap sarana prasarana dan alat kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai standar yang berlaku.

“Bertujuan untuk menyelenggarakan sistem informasi mengenai sarana prasarana dan alat kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan guna inventarisasi dan pemetaan sarana prasarana serta alat kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan. Panduan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemenuhan sarana prasarana dan alat kesehatan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kota serta mendukung akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan,” kata Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin dalam sambutanya, di Hotel Grand Asia, Jalan Bulevard, Jumat (28/6/2019).

Naisyah menjelaskan manfaat untuk fasilitas pelayanan kesehatan yaitu membuat dasar perencanaan untuk mengembangkan fasilitas pelayanan kesehatan dan pertanggungjawaban.

Untuk itu dalam penyelenggaraan Aspak di puskesmas diperlukan penyediaan hardware dan jaringan internet, penyiapan petugas pengelolaan Aspak, pelaksanaan validasi data dari puskesmas, dan pengolahan data.

“Penyajian informasi atau aplikasi sarana prasarana dan alat kesehatan adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan yang menghimpun data dan penyajian informasi mengenai sarana prasarana dan peralatan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan dikembangkannya Aspak ini bertujuan untuk membantu inventarisasi sarana dan peralatan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Selain itu Aspak juga memberikan panduan dalam pembinaan dan pengawasan terhadap pemenuhan pelayanan kesehatan sarana dan prasarana kesehatan serta mendukung akreditasi fasilitas pelayanan kesehatan agar dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Kegiatan ini dihadiri kepala puskesmas, KTU Puskesmas l, dan semua pengelola Aspak Puskesmas dari 47 Puskemsas yang ada di Kota Makassar dan tim RSUD Kota Makassar.

Topik berita Terkait:
  1. Dinas Kesehatan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca