somberena parlementa

Plester Mulut Saat Tidur Punya Manfaat, Kecuali Bagi Orang Ini

Jumat, 12 Juli 2019 14:02 WITA Reporter : Makassarmetro
Plester Mulut Saat Tidur Punya Manfaat, Kecuali Bagi Orang Ini

MAKASSARMETRO– Memplester mulut saat tidur baik dilakukan agar pernapasan terjadi hanya melalui hidung.

Kebiasaan bernapas melalui hidung juga dianjurkan pengajar bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respiratori FK Universitas Indonesia, Profesor Faisal Yunus.

“”Diusahakan membiasakan bernapas lewat hidung. Kalau dengan hidung, udara akan disaring, diproteksi dari bahan berbahaya,” kata Faisal, dikutip CNNIndonesia.

Penyanyi Jazz Andien Aisyah sudah mempraktikkan memplester mulutnya saat tidur.

Pengalaman memplester mulut saat tidur dibagikan Andien melalui akun Instagram pribadinya. Ia pun menceritakan manfaat yang didapatkan seperti tidak lagi merasakan batuk.

Kendati demikian, ada beberapa orang yang tidak dianjurkan memplester mulutnya saat tidur.

Pertama, orang yang mengalami influenza biasanya mengalami hidung tersumbat sehingga sebaiknya tidak memplester mulut saat tidur. 

Kedua, polip hidung merupakan kondisi pembentukan jaringan lembut dari saluran pernapasan dan sinus yang mengalami peradangan. Ukuran polip yang besar bisa mengganggu pernapasan. Gejalanya mirip pilek tetapi pilek yang dirasa tak kunjung sembuh. 

Ketiga, sinusitis, ini merupakan peradangan pada dinding sinus. Sinus menghasilkan lendir atau mukus yang berguna untuk menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain yang terhirup bersama udara. Gejala sinusitis antara lain hidung tersumbat, nyeri pada wajah, serta pembengkakan pada bagian mata. 

Keempat, rinitis alergi, ini pun dikenal dengan sebutan hay fever. Rinitis adalah tipe inflamasi pada hidung ketika sistem imun bereaksi terhadap alergen di udara. Gejalanya berupa hidung tersumbat, bersin, mata kemerahan, gatal dan berair. 

Kelima, deviasi septum nasal, kondisi ini berupa septum nasal (dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua) sampai bergeser dari garis tengah. Akibatnya orang mengalami kesulitan bernapas lewat hidung. 

Faisal tidak mengangjurkan memplester mulu saat tidur bagi orang yang mengalami kondisi tersebut.

Topik berita Terkait:
  1. Andien Aisyah
  2. Kesehatan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca