Agar Sehat, Ini 3 Tips Saat Naik Kendaraan Umum

Senin, 22 Juli 2019 09:57 WITA Reporter : Makassarmetro
Agar Sehat, Ini 3 Tips Saat Naik Kendaraan Umum

MAKASSARMETRO – Naik kendaraan umum dapat membawa dampak positif karena berkurangnya polusi udara, penurunan risiko kecelakaan, dan mengurangi kebisingan.

Kendati demikian, naik kendaraan umum membuat kita rentan terkena penyakit menular.

Agar tetap sehat, ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kendaraan umum. Tips sebagaimana dilansir dari hallosehat.com.

Cuci tangan saat sampai pada tujuan

Setelah sampai pada tujuan, usahakan untuk mencuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun agar terhindar dari penyakit. Membawa hand sanitizer pun dapat menjadi alternatif lain.

Jika memungkinkan, Anda dapat memasukkan tangan di saku selama naik kendaraan umum untuk menghindari sentuhan dari orang lain.

Akan tetapi, jika terpaksa karena tak bisa atau Anda menyentuh pegangan yang mungkin penuh dengan kuman, jaga agar tangan Anda tetap di luar dan jangan memasukkannya ke kantong.

Jika tidak, kantong Anda bisa menjadi tempat yang penuh dengan mikroorganisme penyakit dan membuat Anda mudah terinfeksi penyakit. 

Berkumur dengan obat kumur antiseptik

Sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa berkumur dengan obat antiseptik.

Pada saat melakukan perjalanan dengan angkutan umum, terkadang Anda lupa untuk memakai masker untuk menutupi mulut Anda. Akibatnya, polusi dan bakteri rentan masuk ketika Anda bernapas dengan mulut dan membuat Anda tertular penyakit.

Tidak jarang saat bepergian dengan angkutan umum, Anda menyentuh pegangan atau pintu bus yang mungkin penuh bakteri. Tanpa sadar, Anda menyentuh mulut dengan tangan yang penuh bakteri.

Itu sebabnya, berkumur sebelum dan setelah naik angkutan umum dapat menghindarkan Anda dari risiko ini dan membuat Anda tetap sehat. 

Duduk atau berdiri di tempat yang sepi

Bagian tengah sebuah bus atau kereta berisi lebih banyak orang dibandingkan pada bagian depan atau belakang.
Semakin sedikit orang yang Anda temui, semakin sedikit pula peluang bakteri dan virus berpindah dari mereka untuk kemudian menginfeksi Anda. 

Kursi di dekat jendela atau setidaknya di sebelah kenalan Anda pun dapat menjadi cara agar Anda menghindari orang yang membawa kuman penyakit.

Meski naik kendaan umu membawa banyaj dampak positif, menjaga diri terhindar dari penyakit menular tentu perlu menjadi perhatian.

Topik berita Terkait:
  1. Kendaraan Umum
  2. Kesehatan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca