somberena parlementa

Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol

Senin, 12 Agustus 2019 14:40 WITA Reporter : Widya
Rekomendasi Makanan Penurun Kolesterol

MAKASSARMETRO – Sajian makanan dari dagung sapi atau daging kambing menjadi salah satu menu favorit di Hari Raya Iduladha.

Kedua jenis daging merah ini mengandung kolesterol. Dibandingkan daging sapi, daging kambing memang diklaim memiliki kandungan kolesterol lebih rendah. Kendati demikian, mengonsumni daging kambing juga perlu dibatasi.

Tepat Minggu 11 Agustus 2019, pemeluk Agama Islam di Indonesia merayakan Iduladha 1440 Hijriah. Sebagaimana tradisi, makanan khas Hari Raya Kurban adalah daging sapi dan kambing.

Biar tetap sehat, ini rekomendasi makanan yang dapat menurunkan kolesterol sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.

Kentang

Agar kolesterol turun, diajurkan mengonsumsi kentang panggang keran mengandung potasium sehat.

Tomat

Sumber potasium lainnya adalah tomat. Selain potasium, tomat juga mengandung vitamin A dan C, lycopene yang bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Tomat akan membantu untuk menurunkan kolesterol dengan kandungan vitamin A dan C di dalamnya.

Ikan Tuna

Konsumsi tuna segar atau kalengan setidaknya dua kali seminggu bisa membantu menurunkan laju peningkatan plak. Asam lemak omega-3 dalam ikan juga bisa membantu menurunkan level trigliserida yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

Apel

Mengutip Good House Keeping, sebutir apel sehari bisa membantu menjauhkan Anda dari kardiologis. Studi membuktikan bahwa konsumsi apel akan membantu menurunkan total kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan phenolic yang ada di kulit apel.

Alpukat

Buah ini kaya dengan lemak jenuh dan serat yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Terong

Siapa sangka ternyata terong juga bisa membantu untuk menurunkan tingkat stres. Ini termasuk proses yang bisa meningkatkan kolesterol dengan adanya inflamasi kronis dan pembentukan plak.

Mengutip Harvard, selain terong, okra juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan asupan serat.

Topik berita Terkait:
  1. Kesehatan
  2. Kolesterol
Berikan Komentar
Komentar Pembaca