somberena parlementa

UPTD Bank Sampah Optimalkan Pemilahan Sampah

Senin, 26 Agustus 2019 23:44 WITA Reporter : Ikbal
UPTD Bank Sampah Optimalkan Pemilahan Sampah

MAKASSARMETRO – Kepala UPTD Bank Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Nasrun menilai bila mana Kecamatan Rappocini memang terbaik pada Bank sampah. Menurut dia, unit yang mengelola Bank Sampah harus meningkatkan hasilnya dan jangan kendor.

“Harus ditingkatkan lagi. Ke depannya kita kembangkan, bagaimana pengelolah rumah sakit dan hotel dapat berkontribusi untuk pemerintah Kota Makassar.
Sebab mereka sangat kurang kontribusi dengan melakukan kerja sama mengenai Bank Sampah. Saat ini rumah sakit aktif dalam memilah sampahnya, Sitti Khadijah dan RS Daya,” jelas Nasrun.

Ia mengungkapkan, jika tantangan pemerintah Kota Makassar ikut berkontribusi mengelolaj sampahnya. Sekarang bagaimana tugasnya mengendalikan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggala.

“Kenapa? sampah dari masyarakat harus dikurangi mulai gelas plastik, botol plastik dan aluminium.
Karena jadi betapa pentingnya pemilahan sampah,” urainya.

Ia juga menganalisa jumlah penduduk yang membuang sampahnya di TPA sudah berkurang. Hal itu, terlihat dari banyaknya volume sampah yang basah.

“Ke depannya kita akan mengelola menggunakan ulat dari Korea. Kami juga perlihatkan seberapa jauh mekanismenya yang bakal dipaparkan. Sebagian sampah yang masuk di TPA plastik dalam bentuk kresek, sehingga pemerintah Kota Makassar mengharapkan pasar swalayan dan minimarket tak menggunakan prihal tersebut. Jadi kami menunggu keluarnya Perwali Pengendalian Penggunaan Kantong Plastik 2019,” tutur Nasrun.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca