somberena parlementa

Dede Yusuf Harap Rapat Kabinet Jokowi di Riau Tidak Hanya Sehari

Selasa, 17 September 2019 11:23 WITA Reporter : Makassarmetro
Dede Yusuf Harap Rapat Kabinet Jokowi di Riau Tidak Hanya Sehari

JAKARTA – Ketua Komisi IX, Dede Yusuf mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang menyelenggarakan rapat kabinet di Pekanbaru, Riau.

Dia menilai sudah seharusnya rapat penanganan kebakaran hutan dan lahan dilakukan di lokasi kejadian. Hanya saja Dede Yusuf meminta rapat kabinet yang membahas penanganan karhutla tidak hanya sehari saja.

“Bagus sih saya salut. Biar jajaran pemerintah merasakan apa yang dirasakan oleh saudara-saudara kita. Jadi rapat kabinet di sana, saya harap jangan satu hari. Tiga hari lah,” ujar Dede seperti dikutip dari Kompas Jakarta Pusat, Senin (16/9/2019).

Diketahui, Presiden Joko Widodo menggelar rapat kabinet terbatas bersama Menkopolhukam Wiranto, Menkes Nila Moeloek, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mensos Agus Gumiwang, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Dengan peninjauan langsung di lapangan, Dede Yusuf menyebut pemerintah akan mengetahui kondisi dan merasakan dampak karhutla secara langsung. Terlebih sebagaimana yang dia ketahui, karhutla yang terjadi bukan semata-mata terbakar tetapi banyak yang menginformasikan dibakar.

“Artinya ada pelakunya. Pelakunya sudah pasti jelas siapa. Silakan dong dari pihak keamanan lakukan penindakan,” kata dia.

Jika memang ada pelakunya, kata Dede, maka pelaku tersebut harus dikejar dan tangkap supaya jera. Supaya kejadian yang merugikan orang lain akibat perbuatan tidak terjadi lagi.

Meski begitu, lanjut dia, kesehatan masyarakat yang bermukim di sana merupakan prioritas. Pasalnya kabut asap akibat karhutla mengancam kesehatan warga. Seperti pembagian masker dan obat, sebagaimana yang telah dialkukan Kemenkes.

Topik berita Terkait:
  1. Dede Yusuf
  2. DPR RI
  3. Jokowi
  4. Karhutla
  5. Riau
Berikan Komentar
Komentar Pembaca