somberena parlementa

Bahaya di Balik Cantiknya Kuku Palsu

Minggu, 03 November 2019 08:35 WITA Reporter : Makassarmetro
Bahaya di Balik Cantiknya Kuku Palsu (Foto Ilustasi: shutterstock)

MAKASSARMETRO – Berbagai cara dilakukan seseorang agar bisa tampil cantik. Kuku pun tak luput untuk dipoles sedemikian rupa.

Ada di antara kita memilih menggunakan kuku palsu untuk memperindah tampilan tangan. Namun, di balik cantiknya kuku palsu ada bahaya yang mengintai.

Dilansir dari Hallosehat.com, ada tiga bahaya ketika seseorang menggunakan kuku palsu. Beriku ulasannya.

Merusak kuku

Kuku palsu atau akrilik yang dipasang akan memiringkan kuku asli. Jika memasang kuku palsu maka juga akan dilapisi bahan kimia. Hal inilah yang membuat kuku asli menjadi lebih tipis.

Selain itu, proses menghapus kuku palsu baik itu yang berbahan akrilik atau gel dapat membuat kuku semakin tipis. Kuku akan direndam dalam aseton selama 10 menit. Paparan bahan kimia tersebut yang dapat membuat kuku semakin tipis dan menjadi rusak.

Infeksi

Seorang ahli kesehatan kulit di Mayo Clinic, Lawrence E. Gibson, M.D, menyebutkan bahaya pakai kuku palsu. Meski jarang terjadi, kuku palsu bisa meningkatkan risiko infeksi pada kuku.

Pemakaian kuku akrilik, menyebabkan adanya celah kuku. Area tersebut sangat mudah lembap, sehingga memungkinkan bakteri dan jamur berkembang.

Infeksi bakteri pada kuku Anda akan menyebabkan kuku merah, bengkak, dan bernanah. Sementara, infeksi jamur akan membuat kulit sekitarnya jadi gatal, kuku berubah menjadi kekuningan dan mudah rapuh.

Alergi

Beberapa orang tertentu mungkin alergi terhadap bahan dari kuku palsu. Bahan kimia yang ada di dalamnya akhirnya bisa mengiritasi.

Jika Anda termasuk orang dengan kulit sensitif, salah satu bahaya kuku palsu yang kemungkinan akan terjadi adalah timbulnya reaksi alergi, misalnya kuku memerah, gatal, dan bengkak.

Menggunakan kuku palsu memang menambah cantik tampilan. Namun risiko yang bisa terjadi bisa menjadi pertimbangan Anda mamasang kuku palsu.

Topik berita Terkait:
  1. Bahaya Kuku Palsu
  2. Kesehatan
  3. Kuku Palsu
Berikan Komentar
Komentar Pembaca