somberena parlementa

Ginting Kalah Kontroversial, Pemain Denmark Kecam Wasit

Senin, 18 November 2019 11:06 WITA Reporter : Makassarmetro
Ginting Kalah Kontroversial, Pemain Denmark Kecam Wasit Anthony Sinisuka Ginting

HONG KONG – Entah apa yang merasukimi Joerg Hupertz? Wasit asal Jerman tersebut membuat keputusan kontroversial. Akibatnya, peluang Anthony Sinisuka Ginting untuk menjuarai Hong Kong Open 2019 pupus.

Pada partai final Minggu (17/11/2019) Ginting berhadapan dengan pemain tuan rumah, Lee Cheuk Yiu. Kala itu kedudukan 21-20 untuk Lee pada gim ketiga. Ginting menyambar bola tanggung di depan net. Masuk. Akan tetapi, wasit menyatakan “folut”. Lee pun menjadi juara dengan skor 21-16, 10-21, 20-22.

Ginting pantas kecewa, dari tayangan ulang televisi terlihat jelas bahwa bola sodoran Ginting itu sangat bersih dan sah. Sebelum Ginting melakukan sabetan, shuttlecock sudah melewati net. Raket Ginting juga tak menyentuh net. Walau posisi raket sudah di area permainan Lee, itu tidak melanggar karena sudah sesuai pasal 13.4.2 yang dikeluarkan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Warganet berang dengan keputusan wasit. Bahkan tunggal nomor tiga dunia asal Denmark, Anders Antonsen, kecewa dengan keputusan wasit. Harusnya, kata Antonsen, wajib challenge untuk memutuskan apakah wasit telah melakukan keputusan benar atau keliru.

Should be able to call a challenge on these situations,” tulis Antonsen pada IG stroy. Selain itu, Antonsen juga membuat tanda panah yang menunjuk posisi kok lalu menuliskan “No Fault” yang artinya bukan pelanggaran.

Ginting juga sulit menerima hasi ini. “Tentunya saya sangat kecewa, marah, dan merasa keputusan wasit tidak fair. Ini terjadi di poin kritis dan saya merasa tidak ada yang salah. Tapi namanya permainan, saya harus bisa menerima. Ada yang menang dan ada yang kalah,” kata Ginting seperti dilansir badmintonindonesia.org.

Keputusan wasit yang merugikan Ginting itu pun sudah diprotes oleh pihak PBSI. Hal itu dikabarkan Subid Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto alias Koh Rudy melalui akun twitter-nya @RudyRoedyanto. “Sudah kirim email ke BWF soal terakhir Ginting,” tulisnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Ginting
  2. hong kong
Berikan Komentar
Komentar Pembaca