somberena parlementa

Tahun Depan, 1.000 ASN Bisa Kerja dari Rumah atau Sambil Liburan

Kamis, 21 November 2019 09:55 WITA Reporter : Makassarmetro
Tahun Depan, 1.000 ASN Bisa Kerja dari Rumah atau Sambil Liburan

JAKARTA – Mulai 1 Januari 2020 sebanyak 1.000 aparatur sipil negara (ASN) bakal bekerja dari rumah atau sambil liburan. Untuk sementara berlaku bagi ASN di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa, mengungkapkan rencana tersebut sifatnya masih uji coba. Dia tengah mengkaji sistem penilaian ASN. “Desain itu sebenarnya sudah ada. Tinggal kita praktikkan pelan-pelan?” ujar Suharso dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi V DPR RI, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Menurut Suharso, nantinya akan ditetapkan target pekerjaan yang harus diselesaikan ASN. Hal itu diharapkan ASN dapat bekerja lebih produktif. Mereka yang diperbolehkan kerja dari rumah adalah PNS yang mengisi jabatan fungsional. “Mudah-mudahan 1 Januari bisa kita lakukan. Bappenas ingin menjadi contoh dulu,” bebernya.

Tujuan sistem kerja seperti ini untuk mengakomodasi keinginan ASN generasi muda yang tak melulu harus bekerja di kantor. Bisa dari rumah. Termasuk bisa bekerja sambil liburan, asalkan pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

“Nanti tiga bulan bisa kerja di Raja Ampat, tiga bulan di Bali, tiga bulan di Tana Toraja. Sepanjang mereka bisa deliver pekerjaan. Orang bilang ini work vacation,” ungkapnya. (*)

Topik berita Terkait:
  1. ASN
  2. Bapenas
  3. PPN
Berikan Komentar
Komentar Pembaca