somberena parlementa

Pangkas Jumlah Eselon, Presiden Jokowi Gantikan ASN dengan AI?

Jumat, 29 November 2019 13:31 WITA Reporter : Makassarmetro
Pangkas Jumlah Eselon,  Presiden Jokowi Gantikan ASN dengan AI?

MAKASSARMETRO – Misi Prioritas Presiden Jokowi akan memangkas alur birokrasi yang panjang dan berbelit-belit.

Dilansir dari Kontan.co.id, pemangkasan birokrasi kembali Jokowi tegaskan dalam sambutannya di hadapan para Chief Executive Officer(CEO) dalam acara Kompas 100 CEO Forum, Kamis kemarin.

“Mulai tahun depan kita akan lakukan pengurangan eselon untuk pemangkasan birokrasi. Sekarang eselon ada 1 sampai 4, yang eselon 3 dan 4 akan kita potong,” tutur Jokowi.

Jokowi juga menyatakan bahwa telah memberi instruksi pada  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Kementerian PAN-RB) untuk menggantikan posisi eselon 3 dan 4 itu dengan teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI).

“Saya sudah perintahkan Kementerian PAN-RB, gantikan dengan AI karena saya yakin kecepatan kita dalam birokrasi akan lebih cepat. Saya yakin itu,” tandasnya.

Upaya pemangkasan birokrasi dalam pemerintahan ini juga akan menjadi salah satu poin yang diusung dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

RUU tersebut rencananya akan segera diajukan kepada dewan legislatif DPR untuk segera dibahas pada awal tahun 2020.

RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja diyakini dapat memperbaiki iklim investasi dalam negeri sehingga membuka kesempatan kerja yang lebih besar di Indonesia.

Topik berita Terkait:
  1. ASN
  2. Kecerdasan Buatan
  3. Presiden Jokowi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca