somberena parlementa

Paus Jantan Mati Akibat Menelan 100 Kilogram Sampah

Rabu, 04 Desember 2019 11:54 WITA Reporter : Makassarmetro
Paus Jantan Mati Akibat Menelan 100 Kilogram Sampah

MAKASSARMETRO – Seekor paus jantan atau paus sperma di Skotlandia ditemukan mati. Perutnya dipenuhi sampah plastik seberat 100 kilogram.

Dilansir BCC, sampah plastik yang ditemukan berupa kantong plastik, jaring, hingga tali. Paus jantan tersebut saat pertama kali ditemukan, Kamis (28/11/2019) masih hidup.

Tim Scottissh Marine Animal Stradings Scheme (SMASS) baru datang setelah dua hari paus tersebut mati.

“Jumlah plastik di perut ini tetap mengerikan. Pasti telah menggangu pencernaan dan berfungsi untuk menunjukkan, lagi-lagi bahaya yang ditimbulkan oleh sampah laut dan peralatan memancing yang hilang atau terbuang dapat menyebabkan kehidupan laut,” tulis SMASS dalam laman Facebook-nya dikutip CNN Indonesia.

Dalam sebuah video yang diunggah SMASS, bagian perut paus jantan tersebut terlihat meledak saat petugas tengah berusaha melakukan nekropsi. Hal ini terjadi karena terdapat tumpukan gas dalam perut paus akibat dari proses pembusukan.

Tim SMASS kemudian memutuskan untuk mengubur bangkai paus yang masih muda tersebut di sekitar pantai.

Kondisi geografis yang tak memungkinkan dan berat bangkai yang mencapai 20 ton menjadi pertimbangan tim untuk tak membawanya ke tempat yang jauh.

Kasus serupa juga pernah terjadi di Indonesia pada tahun lalu. Seekor Paus Sperma ditemukan mati dan terdampar di laut Taman Nasional Wakatobi. Sekitar 1000 plastik seberat 13 kilogram ditemukan dalam perut paus.

Topik berita Terkait:
  1. Paus Sperma
  2. Sampah Plastik
  3. Skotlandia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca