somberena parlementa

Lomba Essai dan Talkshow Nasional dalam EFORNEC GenBI UNM

Minggu, 08 Desember 2019 22:21 WITA Reporter : Makassarmetro
Lomba Essai dan Talkshow Nasional dalam EFORNEC GenBI UNM

MAKASSARMETRO – Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Negeri Makassar (GenBI Komisariat UNM) telah mengadakan kegiatan Economic Forum and National Essay Competition (EFORNEC) 2019 yang dilaksanakan pada Minggu, 08 Desember 2019 di Hotel Lamacca, Makassar, Sulawesi Selatan.

Adapun peserta dalam lomba essai adalah, Universitas Ahmad Dahlan dari Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro dari Semarang, IPB University dari Bogor, UIN Alauddin Makassar serta Universitas Hasanuddin dari Makassar. Dan untuk selanjutnya, karya-karya dari para peserta ini akan disatukan.

Selanjutnya, juri dalam kegiatan lomba essai berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dosen Ahli dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Alumni LPDP yang ahli dibidang penulisan, alumni GenBI yang ahli dibidang penulisan, serta Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel.

Selanjutnya, setelah presentasi lomba essai nasional kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Economic Forum yang bertajuk “Kemunduran Ekonomi Maritim, Sulawesi Selatan dimasa depan dan tantangan mengembalikan Kejayaan”.

Kegiatan Talkshow dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNM yaitu Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Azis, M. Si. Pembicara dalam kegiatan talkshow antara Ibu Murhama, SE., M. Si dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ketua Prodi MM PPs. STIE Amkop Makassar serta Duta Maritim Indonesia 2017, Koordinator Paguyuban Putrera-Puteri Maritim Sulsel.

“Intinya kita harus mengetahui manfaat mengapa ekonomi maritim itu dapat menciptakan lapangan kerja da nada nilai tambah didalamnya. Kemudian peningkatan dan bagaimana stakeholder mewujudkan hal tersebut,” ujar Ibu Murhama, SE., M. Si.

Selanjutnya, setelah kegiatan talkshow selesai dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba essai. Adapun juara-juaranya adalah juara pertama dari Universitas Ahmad Dahlan, juara kedua dari IPB University, dan juara ketiga dari UIN Alauddin Makassar.

“Kesannya ini panitianya baik-baik banget gitu. Diurusi dari bandara sampai kesini, terus kita bener-bener nggak ditelantarin gitu, bener-bener diurusin banget. Senemh banget bisa kesini, bisa ke Makassar apalagi pertama kalinya kan. Sarannya kalau bisa dijadiin rutinitas untuk tahun kedepannya, soalnya inikan berdampak positif bagi mahasiswa,” ujar finalis dari IPB University.

Penulis: Asmiati

Topik berita Terkait:
  1. GenBI UNM
Berikan Komentar
Komentar Pembaca