somberena parlementa

Iran Beri Sinyal Redam Ketegangan dengan AS

Senin, 13 Januari 2020 10:39 WITA Reporter : Makassarmetro
Iran Beri Sinyal Redam Ketegangan dengan AS

MAKASSSARMETRO – Presiden Iran Hassan Rouhani dan Emir Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, menggelar pertemuan, Ahad malam (12/1/2020). Kedua belah pihak sepakat bahwa pengurangan eskalasi adalah “satu-satunya solusi” untuk krisis regional.

“Kami sepakat … bahwa satu-satunya solusi untuk krisis ini adalah de-eskalasi dari semua orang dan dialog, ” kata Emir Sheikh Tamim dikutip dari AFP.

Diketahui Qatar memiliki hubungan yang kuat dengan Iran dan juga berbagi ladang gas di kawasan tersebut. Di sisi lain, militer AS juga berpangkalan di Qatar.

“Kami telah memutuskan untuk memiliki lebih banyak konsultasi dan kerja sama untuk keamanan seluruh wilayah,” kata Rouhani.

Presiden Iran juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Pakistan yang berkunjung, Shah Mehmood Qureshi, yang negaranya telah menawarkan untuk menengahi antara Teheran dan sekutu AS, Riyadh.

Beberapa hari terakhir, Iran dan AS memperuncing perseteruan pasca terbunuhnya Jenderal Qasem Soleimani merupakan komandan pasukan Quds Iran, di mana kedua belah pihak menembakkan rudal.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca