somberena parlementa

WNI dari Wuhan Ditangani dengan Baik, Menkes: Jangan Termakan Hoaks

Rabu, 05 Februari 2020 10:56 WITA Reporter : Makassarmetro
WNI dari Wuhan Ditangani dengan Baik, Menkes: Jangan Termakan Hoaks

MAKASSARMETRO – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto meminta masyarakat tidak termakan isu yang tidak benar atau hoaks terkait wabah virus Corona, termasuk soal warga negara Indonesia yang tengah dikarantina di Natuna.

Kata Menkes Terawan, baik alat maupun langkah yang diambil pemerintah dalam penanganan WNI dari Wuhan, Cina, dinilai tepat. Lanjut dia, bahkan World Health Organization (WHO) mengapresiasi Indonesia.

“Kita jangan mudah termakan isu lah. Dan ini masyarakat kita sekarang ini kan masyarakat yang betul-betul cerdas. Karena itu tidak diragukan lagi apa yang kita hasilkan. Makanya WHO kan juga sangat mengapresiasi Indonesia di dalam pemeriksaannya dan sebagainya dan terbukti kita sudah terakreditasi untuk itu,” ujar Terawan Agus Putranto.

Menkes menyebut, alat pemeriksaan Virus Corona bagi para warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan menggunakan alat dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Atalanta, Amerika Serikat.

Menkes Terawan menegaskan, dirinya terus memantau progres karantina di Natuna.

“Iya ke sana dong (Natuna). Ya sama dengan ke kantor, kantor saya di kemkes, ya kadang-kadang di kantor, kadang-kadang pergi mengunjungi habis gitu balik lagi ke kantor kan gitu sama aja,” kata dia.

Dia juga menjelaskan bahwa di setiap pintu gerbang Tanah Air dipasangi alat pemindai suhu tubuh. Setiap pendatang wajib melalui pemeriksaan ketat.

Menurut Menkes, berlaku pada semua pintu masuk internasional gerbang Indonesia, baik itu pelabuhan laut, udara, termasuk perlintasan darat.

“Pemeriksaannya sudah sangat ketat dengan diperiksa satu per satu menggunakan detector, kemudian pakai hand gun thermal. Begitu juga pengecekan surat-surat kesehatan yang bersangkutan,” tutupnya.

Topik berita Terkait:
  1. Menkes
  2. Virus Corona
Berikan Komentar
Komentar Pembaca